CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 13 November 2015 08:00

Tahun depan Asus luncurkan perangkat augmented reality

Asus secara resmi telah mengumumkan bakal meluncurkan perangkat augmented reality di tahun depan.

Tahun depan Asus luncurkan perangkat augmented reality

Techno.id - Sebelumnya, Asus sempat membicarakan tentang kacamata HoloLens dengan fitur augmented reality (AR). Kala itu, Asus menginginkan menjadi perusahaan pertama yang membangun perangkat Microsoft untuk menghadirkan gambar 3D di depan mata pengguna. Kini, semua itu tak sekadar kata-kata belaka. Pasalnya, Asus secara resmi telah mengumumkan bakal meluncurkan perangkat augmented reality di tahun depan.

Sayangnya, sang pembuat yang berasal dari Taiwan, Jerry Shen menolak ketika ditanyai perihal rincian dari perangkat tersebut. Dia hanya mengungkapkan bahwa perangkat AR tersebut akan dirilis tahun depan.

"Ini akan keluar tahun depan dengan sebuah produk AR. Kita berpikir AR akan sangat penting bagi kehidupan masyarakat," ujar CEO Jerry Shen, seperti yang disampaikan oleh Cnet (11/11/2015).

Meski Shen sudah mengatakan bakal menghadirkannya di tahun depan, tetapi perangkat AR ini belum jelas akan memiliki hubungan dengan Microsoft HoloLens atau tidak. Namun, kelihatannya keduanya akan bekerja sama lantaran bulan Oktober lalu mereka telah membicarakan bakal membangun perangkat augmented reality yang lebih murah.

Augmented reality sendiri merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dengan 3D ke dalam lingkungan nyata. Selain itu, teknologi ini akan memproyeksikan benda-benda maya ke dalam kehidupan nyata. Tidak seperti virtual reality yang sepenuhnya menggantikan lingkungan nyata, augmented reality lebih kepada penambahan atau melengkapi kehidupan nyata. Jadi, bisa dikatakan bahwa augmented reality itu seperti Google Glass yang dapat menampilkan notifikasi pada mata seseorang.

WHAT TO READ NEXT ?