Stopkontak Wemo Switch hadirkan suasana aman di rumah

Stopkontak Wemo Switch hadirkan suasana aman di rumah

Techno.id - Belkin merupakan produsen yang gemar meluncurkan aksesoris perangkat elektronik. Salah satu produk buatan mereka yang ditujukan untuk keamanan rumah tangga adalah Wemo Switch. Alat ini berbentuk stopkontak yang memungkinkan pengguna bisa mengontrol berbagai peralatan yang dicolokkan ke stopkontak tersebut.

Banyak kasus kebakaran yang diakibatkan oleh arus pendek atau lupa tidak melepas peralatan elektronik dari stopkontak. Nah, Wemo Switch bertugas sebagai pengaman agar ketika Anda sedang bepergian dan lupa melepas salah satu alat elektronik di rumah, Anda bisa memutus arus listriknya dari jarak jauh.

Menarik bukan? Stopkontak ini bisa dikendalikan dari jarak jauh menggunakan jaringan nirkabel atau Wi-Fi. Untuk mengendalikan Wemo Switch, pengguna cukup mengunduh aplikasi Wemo dari Play Store atau App Store. Dari aplikasi tersebut, pengguna dapat memantau stopkontak mana saja yang sedang menyala atau mati.

Stopkontak Wemo Switch hadirkan suasana aman di rumah

Semisal, Anda lupa tidak melepas steker setrika ketika hendak pergi ke kantor, maka Anda bisa mematikan setrika tersebut dari smartphone atau tablet yang sudah terinstal aplikasi Wemo. Bila Anda malas mengontrol stopkontak setiap hari, Anda juga bisa mengatur jadwalnya, agar Wemo Switch dapat hidup dan mati secara otomatis.

Stopkontak Wemo Switch hadirkan suasana aman di rumah

Banyak konsumen tertarik dengan fitur yang dihadirkan Wemo Switch. Namun setelah membelinya, beberapa dari mereka mengatakan bahwa stopkontak tersebut tidak dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi di rumah. Pengguna yang lain juga menuturkan bahwa stopkontak tersebut sulit dihubungkan dengan berbagai perangkat mobile.

Namun, tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa perangkat Wemo Switch begitu simpel dan mudah dioperasikan dengan perangkat lain. Ada salah satu pengguna yang menjelaskan, berbagai kendala dari stopkontak ini bisa diatasi dengan memperbarui firmware ke versi terbaru agar Wemo bisa berjalan sempurna. Mungkin saja beberapa pengguna yang tidak bisa mengakses Wemo Switch dikarenakan masih menggunakan firmware versi lama.

Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli Wemo Switch di Amazon dengan harga sekitar Rp 1,1 juta. Meski terkesan mahal, bila manfaat yang dihadirkan cukup besar, tak apalah mengeluarkan uang lebih untuk menjaga keamanan keluarga di rumah.

(brl/red)