Sensor Hub Android janjikan banyak data dengan daya lebih kecil

Sensor Hub Android janjikan banyak data dengan daya lebih kecil

Techno.id - Saat ini, hampir semua hal dapat dibaca menggunakan sensor. Layaknya lima indera pada tubuh manusia, sensor pada smartphone juga mempunyai peran yang cukup kompleks. Namun, sensor tersebut masih berdiri sendiri atau dalam artian setiap fungsi hanya dikerjakan sebuah sensor.

Daripada menyematkan terlalu banyak sensor ke dalam smartphone, lebih baik menggunakan satu sensor tetapi bisa mengenali banyak data, seperti Sensor Hub. Sensor hasil karya Google ini dapat mengumpulkan lebih banyak data dengan daya yang lebih kecil.

Sensor Hub dapat bekerja sebagai prosesor khusus di antara prosesor mobile utama dan perangkat keras sensor. Sensor ini juga mengumpulkan dan memproses data sendiri tanpa melibatkan CPU. Dengan begitu, CPU tak akan terlalu terbebani dengan kinerja prosesor, sehingga dapat mengurangi penggunaan daya secara signifikan.

Sensor Hub Android sudah dibenamkan pada smartphone Android, seperti Nexus 6P dan Nexus 5X. Nantinya, teknologi ini juga akan dinikmati oleh perangkat Android lainnya dalam waktu dekat, seperti yang disampaikan oleh SlashGear (29/9/15).

(brl/red)