Samsung menciptakan RAM 6GB untuk smartphone

Samsung menciptakan RAM 6GB untuk smartphone

Techno.id - Jika Anda merasa smartphone dengan RAM 4GB sudah terlalu besar, bagaimana dengan RAM 6GB? Samsung telah mengumumkan produksi massal modul DRAM LPDDR4 12Gb. Modul tersebut memungkinkan sebuah smartphone memiliki RAM berkapasitas 6GB. Bagaimana mungkin?

Samsung memang pandai dalam mengembangkan perangkat penyimpanan. Mereka telah memproduksi DRAM LPDDR4 12 Gigabits (Gb). 12 Gigabits sendiri sama artinya dengan 1,5 Gigabytes (GB). Jadi, apabila Samsung membenamkan empat chip DRAM ke sebuah smartphone maka RAM di smartphone itu akan berjumlah 6GB.

Sebelumnya, Samsung hanya berhasil membuat modul DRAM 8Gb. Hasil karya tersebut tak bisa memuaskan Samsung. Akhirnya, Samsung memutuskan untuk membuat DRAM 12Gb dengan node berukuran 20nm sama seperti modul pendahulunya.

Menurut Samsung, DRAM terbaru ini telah mendapat peningkatan yang signifikan. DRAM LPDDR4 12Gb diklaim 30 persen lebih cepat dan 20 persen lebih hemat energi, seperti yang dilansir oleh AndroidCentral (9/9/15).

Mengenai RAM dengan kapasitas besar ini, Samsung tidak mengabarkan bakal menyematkan RAM 6GB pada ponsel terbarunya. Namun, bila suatu saat Samsung benar-benar menggunakan RAM 6GB untuk smartphonenya, bisa dipastikan bahwa smartphone tersebut akan menjadi smartphone dengan RAM terbesar di dunia.

(brl/red)