Philips ciptakan bohlam LED wireless dan dapat menjadi alarm pribadi

Philips ciptakan bohlam LED wireless dan dapat menjadi alarm pribadi

Techno.id - Dunia teknologi yang berkembang pesat kini tak hanya merambah dunia gadget saja, melainkan juga perabotan rumah. Salah satu contohnya adalah bohlam Philips 431643 Hue, di mana bohlam ini tak hanya sebagai alat penerangan saja. Melainkan juga dapat menjadi alarm pribadi melalui jaringan wireless yang dihubungkan dengan smartphone.

Philips ciptakan bohlam LED wireless dan dapat menjadi alarm pribadi

Konsep dari bohlam Philips Hue hingga dapat berfungsi sebagai alarm atau timer pribadi sebenarnya sederhana. Pengguna cukup menyediakan satu smartphone Android atau iOS yang di dalamnya terdapat aplikasi Hue. Selanjutnya tinggal menghubungkan smartphone tersebut ke bohlam melalui jaringan wireless untuk mendapatkan akses atau kontrol penuh.

Sebagai contoh jika Anda tidak menyukai alarm suara di pagi hari, Anda dapat memanfaatkan 'bohlam pintar' ini sebagai penggantinya, yakni dengan menciptakan warna yang bervariasi sesuai keinginan di malam hari sebelumnya. Tentunya selain bermanfaat sebagai alarm dan timer pribadi di pagi hari, produk ini juga bermanfaat di malam hari.

Philips ciptakan bohlam LED wireless dan dapat menjadi alarm pribadi

Salah satu contoh kasus yang umum terjadi adalah ketika Anda berpergian dalam kurun waktu lama, di mana kondisi rumah akan terlihat kosong dan tidak ada penerangan sama sekali. Dengan produk ini, tentunya Anda dapat menyalakan lampu dari jauh tanpa dan tidak harus menekan saklar lampu secara langsung.

Philips ciptakan bohlam LED wireless dan dapat menjadi alarm pribadi

Pada umumnya, wireless dan fitur alarm saat ini memang cukup identik dengan konsumsi daya energi yang tinggi. Namun Philips mengklaim bahwa bohlam 9 watt ini menggunakan teknologi LED yang mampu menghemat energi hingga 80 persen serta sanggup menerangi selama 15.000 jam lamanya (sekitar 14 tahun).

Sedangkan untuk desainnya, produk ini memiliki dimensi normal seperti lampu bohlam pada umumnya, yakni 304 x 127 x 254 mm (Starter Pack) dengan bobot sebesar sebesar 1 kilogram. Untuk warna, bohlam ini dilengkapi dengan A19-Starter Pack yang di antaranya adalah warna bright sunshine yellow, romantic shade of red, dan pale leaf green color.

Hal menariknya adalah, produk ini tak serta merta hanya dapat terhubung dengan smartphone Anda. Melainkan juga dapat terkoneksi dengan produk sejenis lainnya, sehingga satu smartphone dapat mengakses lebih dari satu bohlam. Kendati begitu, beberapa pengguna mengeluhkan harga yang relatif mahal untuk sebuah bohlam 'pintar'.

Philips 431643 Hue memang diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan pengguna untuk mematikan atau menyalakan lampu bohlam tanpa harus berjalan dan menyentuh langsung karena dapat dilakukan melalui gadget. Namun perlu disadari pula bahwa jika gadget tersebut jauh dari tangan, maka Anda harus melakukan hal yang sama, yakni mencari kemudian menyentuh gadget.

(brl/red)