CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 10 April 2015 09:00

Penjualan PC global lesu di kuartal pertama 2015

Sempat stabil penjualannya pada 2014, nyatanya PC mengalami penurunan penjualan di awal 2015 ini.

Penjualan PC global lesu di kuartal pertama 2015

Techno.id - Di awal tahun 2015, penjualan komputer pribadi atau PC nampak lesu atau mengalami penurunan setelah sedikit meningkat akhir tahun lalu. Dikutip dari Antara (10/4/15), fakta tersebut didukung beberapa survei yang salah satunya dilakukan oleh perusahaan riset Gartner.

Dalam survei-nya, Gartner menunjukkan jika pengiriman PC ke seluruh dunia mencapai 71,7 juta unit pada kuartal pertama 2015, turun 5,2 persen dari periode yang sama tahun lalu. Bahkan, sebuah laporan terpisah dari perusahaan riset IDC menunjukkan penurunan yang lebih tajam, yakni 6,7 persen pada kuartal tersebut menjadi 68,5 juta unit.

"Industri PC menerima dorongan pada 2014 ketika banyak perusahaan mengganti PC mereka karena berakhirnya dukungan Windows XP, tetapi siklus tersebut memudar di kuartal pertama 2015," kata Mikaki Kitagawa, analis di Gartner.

Kitagawa menjelaskan bahwa penjualan PC desktop adalah faktor penting dalam penurunan, tetapi sistem operasi baru Microsoft Windows 10 dipercaya dapat memicu pembelian baru. Menurutnya, kehadiran Windows 10 akan menjadi sebuah jaring positif karena akan ada permintaan tertahan untuk pengganti PC yang lebih tua.

Seperti diketahui, pasar PC saat ini memang sedang mengalami kesulitan. Terlebih di tengah pergeseran tren ke penggunaan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Oleh karena itu, banyak produsen PC dunia berlomba-lomba menghadirkan PC yang multifungsi (beberapa PC di desain dapat berfungsi ganda sebagai tablet), serta menekan harga semurah mungkin agar konsumen tertarik dengan produk mereka.

"Karena semakin banyak vendor merasa semakin sulit untuk bersaing, kita bisa memperkirakan konsolidasi tambahan di pasar PC," jelas Jay Chou, analis dari IDC.

Saat ini, Lenovo adalah produsen dengan jumlah penjualan terbesar di dunia. Disusul setelahnya Hewlett-Packard, Dell, Asus dan Acer. Sementara itu, HP masih menjadi penjual terbesar untuk pasar AS hingga saat ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?