CONNECT WITH US
Erick |
 29 Desember 2015 23:00

Mekanisme mirror baru kamera Canon bakal kurangi getaran?

Bagaimana cara mekanisme baru tersebut bisa mengurangi getaran yang ditimbulkan oleh proses buka-tutup mirror?

Mekanisme mirror baru kamera Canon bakal kurangi getaran?

Techno.id - Prinsip kerja kamera DSLR takkan lepas dari peranan mirror yang ada di dalamnya. Cermin kecil yang bisa membuka dan menutup tersebut terkadang memberikan getaran yang cukup besar dan bisa mengganggu proses pengambilan gambar, terutama saat menggunakan long exposure.

Walaupun dari luar sepintas tak mengalamai perubahan, namun mekanisme mirror pada Canon EOS 5DS dan 5DS R ternyata sangat berbeda. Seperti yang telah diberitakan oleh DIY Photography pada hari Senin (28/12/15) lalu, mekanisme mirror kamera DSLR Canon tersebut mengalami perubahan.

Mekanisme mirror baru kamera Canon
© 2015 diyphotography.net/diyphotography.net

 

Perubahan terbesar adalah bahan yang digunakan untuk frame mirror. Pergantian frame dari material plastik ke magnesium tersebut dimaksudkan untuk mereduksi getaran saat mirror membuka atau menutup dengan kecepatan tinggi.

Sama halnya dengan mekanisme pada Canon EOS 7D Mark II, mirror bekerja menggunakan motor, dan bukan sebuah pegas. Dengan menggunakan motor, kecepatan dan benturan kuat yang terjadi bisa dikurangi agar getarannya tak sampai terasa mengganggu proses pengambilan gambar.

Selain mereduksi getaran, mekanisme baru ini juga menjamin bahwa mirror kamera Anda bakal lebih awet dibanding jika masih menggunakan mekanisme lama. Apakah Canon bakal menerapkan mekanisme baru ini pada semua tipe kameranya? Well, tunggu saja kabar lebih lanjut sambil menonton video mekanisme baru tersebut berikut ini...

 

WHAT TO READ NEXT ?