CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 18 Oktober 2015 15:00

Kursi roda listrik ini tahu cara menaiki tangga

Apakah pengguna kursi roda di masa depan dapat menaiki dan menuruni tangga tanpa perlu bantuan manusia lagi?

Kursi roda listrik ini tahu cara menaiki tangga

Techno.id - Sekelompok mahasiswa Swiss baru saja berhasil menciptakan sebuah kursi roda listrik dengan kemampuan yang tak biasa. Ya, kursi roda yang diberi nama The Scalevo Wheelchair ini mampu menaiki dan menuruni berbagai jenis tangga (termasuk spiral) tanpa memerlukan bantuan tangan manusia sama sekali.

Sebagaimana dikutip dari VentureBeat (17/10), sekelompok mahasiswa ini beranggotakan sebanyak 10 orang. Saat ini, mereka tengah menuntut ilmu di Swiss Federal Institute of Tech (ETH Zurich) dan Zurich University of the Arts.

Seperti tampak pada gambar di atas, The Scalevo Wheelchair dilengkapi dengan dua buah roda di sisi kanan kiri untuk berjalan di tanah datar. Sedangkan rel karet bergerigi di bawahnya dirancang khusus untuk berjalan di medan yang tidak datar, dalam kasus ini adalah tangga.

"Kami memiliki dua roda utama dan dua roda besar untuk mode seimbang (Segway) di tanah datar. Kami juga memiliki dua roda karet dengan panjang yang disesuaikan dengan sudut tangga agar kursi roda dapat tetap tegak saat menaiki atau menuruni," ujar salah seorang mahasiswa dari ETH Zurich, Carlos Gomes.

Salah seorang rekan Gomes, Miro Voellmy mengatakan bahwa rel karet bergerigi pada Scalevo memiliki sistem yang sepenuhnya aman karena ukurannya yang lebar. Bahkan, ia juga mengklaim jika trek ini dapat digunakan di dataran berbahan kayu, logam, kaca, atau di dataran yang retak sekalipun.

"Hal hebat yang dimiliki Scalevo adalah segala sesuatunya adalah bersifat otomatis," tambah Voellmy.

Dalam proses pembuatan dan uji coba, mereka mengaku telah menghabiskan waktu setidaknya selama 10 bulan. Mereka juga percaya jika Scalevo ini nantinya dapat diproduksi secara massal, pengguna kursi roda di seluruh dunia tak lagi harus menggunakan fasilitas seperti jalur khusus kursi roda.

WHAT TO READ NEXT ?