Kamera iPhone 6s Plus vs Canon 5D Mark III, mana yang lebih unggul?

Kamera iPhone 6s Plus vs Canon 5D Mark III, mana yang lebih unggul?

Techno.id - Sebuah ungkapan lama mengatakan "Kamera terbaik adalah yang Anda pakai setiap waktu," agaknya benar. Jika diperhatikan, banyak foto bertebaran di internet, baik yang diambil menggunakan kamera DSLR mahal yang dipadu lensa dengan harga fantastis maupun yang hanya berbekal kamera ponsel.

Hasilnya? Well, harga belum tentu bisa jadi patokan hasil yang memuaskan. Semua tergantung bagaimana pengguna memberdayakan kamera yang sering mereka gunakan setiap waktu. Jika dilatih dengan benar, maka sebuah kamera ponsel pun takkan kalah saat dibandingkan dengan kamera DSLR profesional.

Kamera iPhone 6s Plus vs Canon 5D Mark III, mana yang lebih unggul?

Foto Faith 7 Mercury yang diambil menggunakan kamera DSLR di atas tripod dengan long exposure dan post processing yang cukup panjang
2016 arstechnica.com/arstechnica.com

Bagaimana jika keduanya diadu dengan cara membidik objek yang sama, dan kondisi cahaya yang sama? Seperti yang telah diberitakan oleh Ars Technica pada hari Minggu (31/01/16) lalu, percobaan dilakukan terhadap 2 buah device yang sama-sama dibanderol dengan harga tinggi dan memiliki kualitas foto yang konon lebih baik dibandingkan kompetitornya.

Ponsel yang digunakan kali ini adalah iPhone 6s Plus, sedangkan kamera DSLR yang dipakai untuk melawannya adalah Canon EOS 5D Mark III. Seperti yang banyak diberitakan media, kedua handset tersebut dibekali dengan kemampuan untuk menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

Dari segi spesifikasi, iPhone 6s Plus mengusung resolusi 12MP dengan aperture F/2.2, serta image sensor yang berukuran 8,47mm. Sementara penantangnya, Canon EOS 5D Mark III dibekali dengan resolusi 22MP, dengan ukuran image sensor sebesar 35mm. Mana yang lebih unggul? Simak saja halaman berikutnya >>

(brl/red)