CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 27 Februari 2016 12:00

Jawab kebutuhan pasar, Asus hadirkan notebook X540

Notebook diklaim memiliki bobot yang ringan meski ukuran layar yang dihadirkan 15inci.

Jawab kebutuhan pasar, Asus hadirkan notebook X540

Techno.id - Meski kehadiran notebook sekarang sudah banyak tergantikan oleh tablet maupun smartphone, tapi tak berarti perangkat mobile satu ini sepi peminat. Notebook berukuran layar besar, saat ini masih dibutuhkan untuk mendukung kinerja pengguna yang tak mungkin menggunakan tablet atau smartphone, misalnya saja membuat teks makalah penelitian.

Nah, menjawab kebutuhan pasar itulah, Asus baru-baru ini meluncurkan sebuah notebook berukuran 15inci terbaru yakni seri X540. Tak hanya berukuran layar lebih lebar, sejumlah fitur unggulan nan bermanfaat sudah dihadirkan didalamnya.

"ASUS X540 merupakan notebook 15inci, dengan keyboard berukuran penuh, lengkap dengan numeric pad namun memiliki bobot yang ringan, bagaikan bobot notebook berukuran 14inci. Yang menarik, notebook ini juga dipasarkan di harga yang sama dengan notebook 14 inci," ujar Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia dalam siaran pers yang diterima Techno.id (26/2/16).

Supaya bisa ringan seperti notebook berukuran 14inci, Asus kabarnya melakukan sejumlah modifikasi. Perusahaan asal Taiwan ini dilaporkan mereduksi komponen-komponen pendukung yang memiliki bobot berat di bagian dalamnya, sehingga bobot notebook hanya tinggal 1,9kg dan nampak ringan saat dibawa di dalam tas maupun saat dijinjing.

Meski dikabarkan mereduksi sejumlah komponen jeroannya, Asus mengklaim masih menghadirkan teknologi canggih terkini dalam notebook seri X540 ini. Ya, Asus X540 dilaporkan telah mengusung prosesor Intel Haswell i3-4005U dan kartu grafis NVIDIA GeForce 900 series yang akan membuat performa notebook jadi lebih bertenaga.

Dengan menggunakan dua jeroan internal yang bertenaga tersebut, dapat dipastikan Asus X540 dapat menangani tugas-tugas harian yang memerlukan kualitas performa. Selain itu, Asus X540 juga akan sangat cocok digunakan untuk bekerja mengolah gambar 3D dengan sokongan kartu grafis yang dapat diandalkan.

Dapur pacu mumpuni dari Asus X540 itu juga dilengkapi dengan dukungan memori DDR3L 2GB dan kapasitas penyimpanan 500GB SATA 5400RPM. Asus X540 juga dilengkapi dengan baterai bertenaga Polymer 2 Cell 38 Whrs.

Asus X540 juga dilengkapi dengan teknologi audio SonicMaster yang mampu mengeluarkan suara ciamik dengan dentuman nada bass yang kuat. Ini dimungkinkan karena chamber pada sistem audionya berukuran ekstra besar yakni sekitar 19,4cc.

Notebook ini juga dilengkapi dengan speaker berbentuk membulat yang didesain untuk mampu memaksimalkan keluaran suara di frekuensi rendah dan mereduksi terjadinya noise. Tak ketinggilan, Asus juga menyediakan fitur bernama Asus Audio Wizard yang dapat membuat bunyi yang keluar dari speaker semakin jernih dan indah.

Nah, untuk menjawab kebutuhan akan transfer data, Asus X540 dilaporkan bakal mengusung konektivitas canggih terkini seperti USB Type-C yang mampu mentransfer data hingga kecepatan 5Gbps. Asus X540 juga menyediakan port konektivitas lainnya untuk mendukung kinerja pengguna, seperti USB 3.1, HDMI, VGA, optical disk drive, serta card reader.

Yang terakhir, Asus X540 kabarnya akan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp3,499,000 dengan garansi selama 2 tahun senilai Rp900 ribu.

WHAT TO READ NEXT ?