CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 24 April 2016 09:00

Jalankan aplikasi di Apple Watch tak lagi butuh iPhone?

Dengan SDK terbaru, menggunakan aplikasi di Apple Watch jadi tak perlu dekat-dekat lagi dengan iPhone.

Jalankan aplikasi di Apple Watch tak lagi butuh iPhone?

Techno.id - Kabar terbaru datang dari raksasa teknologi asal Cupertino, Apple. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak itu, per 1 Juni mendatang akan mulai memberlakukan aturan baru bagi pengembang yang akan membuat aplikasi untuk Apple Watch.

Ya, Apple via pengumuman di situs resminya mengungkapkan jika aplikasi yang ditujukan untuk penggunaan di Apple Watch wajib menjadi aplikasi native. Artinya, setiap aplikasi untuk Apple Watch nantinya wajib dirancang menggunakan watchOS 2 SDK dan setiap aplikasi yang dirancang dengan 1.0 SDK tak akan lagi kompatibel digunakan di Apple Watch.

Kabar baiknya, aturan baru dari Apple ini nantinya dilaporkan akan menguntungkan pengguna. Sebagaimana dilansir oleh SlashGear (23/4/16), aplikasi untuk Apple Watch yang sudah dirancang menggunakan watchOS 2 SDK bakal bisa digunakan tanpa iPhone.

Jadi, nanti aplikasi di Apple Watch bisa digunakan secara mandiri bahkan ketika pengguna sedang tak memegang iPhone yang selama ini dijadikan 'alat kontrol'. Pengguna bisa menggunakan aplikasi Maps di Apple Watch misalnya, tanpa perlu dihubungkan dalam jarak dekat dengan iPhone sehingga lebih mudah dan praktis dalam penggunaan.

Sekadar informasi, aturan baru ini kemungkinan menjadi clue alias tanda jika Apple memang benar-benar akan menghadirkan sistem operasi baru bagi Apple Watch bersamaan dengan iOS dan OS X yang juga baru di ajang WWDC 2016 Juni mendatang.

 

WHAT TO READ NEXT ?