Canggih, sensor ini bisa sulap rumah biasa jadi pintar

Canggih, sensor ini bisa sulap rumah biasa jadi pintar

Techno.id - Konsep rumah pintar masih dikembangkan berbagai pihak, termasuk perusahaan penyedia perangkat teknologi. Konektivitas dan mudah dikontrol disebut-sebut sebagai konsep dasar pengembangan rumah pintar yang dilakukan banyak pihak.

Perusahaan asal Korea Selatan, LG Electronics mengaku tengah menyiapkan sensor khusus yang bisa mengubah rumah biasa jadi rumah pintar. Sensor yang dinamai SmartThinq diklaim bakalan menyulap perangkat elektronik rumah tangga biasa tanpa kemampuan terhubung internet bisa dikendalikan lewat aplikasi khusus.

"Adopsi perangkat elektronik rumah tangga pintar berjalan lambat karena adanya persepsi bahwa teknologi yang memungkinkan hal ini terjadi masih sulit untuk dijangkau. Inilah yang kami ubah melalui LG SmartThinQ Sensor," ujar Jo Seong-jin, CEO LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company dalam keterangan resminya.

Canggih, sensor ini bisa sulap rumah biasa jadi pintar

Cara pakainya sederhana. Cukup dengan menempelkan alat berbentuk bundar ini pada perangkat elektronik rumah tangga miliknya, relasi antar perangkat bakal terjalin melalui aplikasi SmartThinQ yang diunduh pada smartphone. Tak sekedar membaca tingkat getaran dan temperatur, keterhubungan ini pun membuat pengguna dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronik rumah tangganya.

LG mencontohkan dengan menempelkannya pada sebuah kulkas dengan pengaturan sebelumnya, akan memberi pengguna informasi mengenai berbagai jenis makanan tersimpan di dalam kabinnya yang segera mendekati masa kedaluarsa. Selain itu, aplikasi ini bakal juga mengirim notifikasi berapa kali pintu kulkas dibuka meski anda sedang tidak berada di rumah.

Penggunaan lebih luas LG SmartThinQ Sensor pun dimungkinkan untuk memberi pengguna kendali jarak jauh pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga lain meski tak berada di rumah. Jadi, pemilik rumah bisa memantau kondisi perangkat elektroniknya dari jarak jauh.

Di samping peluncuran LG SmartThinQ Sensor, LG juga memperkenalkan dua perangkat elektronik rumah tangga pintarnya yaitu LG Smart Lightwave Oven dan Smart Air Conditioner. Keduanya memiliki kompatibilitas dengan AllJoynsebagai sebuah platform bagi internet of things (IoT) yang dikembangkan Allseen Alliance.

AllJoyn merupakan perangkat lunak open-source yang diklaim memberi kemudahan bagi berbagai perangkat dan aplikasi untuk terkoneksi dan saling berkomunikasi. Keberadaan AllJoyn mendapat dukungan besar dari seluruh anggotanya yang tergabung dalam Allseen Alliance yang memiliki komitmen pada pengembangan IoT.

(brl/red)