Apple resmi kenalkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

Apple resmi kenalkan iPhone 6S dan iPhone 6S Plus

Techno.id - Apple memperkenalkan seri terbaru iPhone. Sama seperti tahun lalu Apple langsung meluncurkan dua model iPhone sekaligus, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Peluncuran dua model iPhone anyar ini menjawab berbagai rumor yang sempat bergulir sejak beberapa waktu lalu.

Mengikuti rumor yang sudah ada sebelumnya, dua model iPhone baru membawa warna baru yakni warna rose gold. Namun, secara desain bentuk tak ada yang berubah di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dari seri pendahulunya yang diperkenalkan tahun lalu.

Meski begitu, bukan berarti Apple tidak melakukan perubahan. Perusahaan itu mengaku membuat ponsel andalannya dengan material logam baru yang dikustomisasi sendiri hingga sama dengan logam yang dipakai di industri penerbangan. Mereka juga memperkenalkan kaca baru yang dipakai di layar dua generasi anyar iPhone.

Tak hanya itu, Apple memperkenalkan fitur bernama 3D Touch yang menambahkan dimensi ekstra dalam menavigasi ponsel. Navigasi baru ini telah hadir sebelumnya di MacBook dan Apple Watch yang memungkinkan penggunanya mengintip dan menampilkan menu di tiap aplikasi.

Misalnya, ketika pengguna ingin memotret hanya perlu menekan tahan aplikasi di daftar menu agar bisa langsung memilih apakah akan memakai fungsi kamera selfie atau kamera belakang tanpa perlu ribet masuk ke dalam aplikasi kamera terlebih dahulu. Fitur ini sudah bisa dipakai di Instagram, Facebook, Dropbox dan berbagai aplikasi lainnya.

Chip yang dipakai di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus ialah seri A9 yang juga generasi ketiga prosesor 64-bit Apple dengan arsitektur baru. Chip ini diklaim lebih cepat 70 persen daripada chip A8 serta punya kemampuan grafik lebih cepat 90 persen dibanding pendahulunya.

Peningkatan juga dilakukan Apple pada kamera di dua smartphone barunya. Pertama kalinya dalam sejarah, Apple menggunakan kamera 12 MP di iPhone. Ini disebutkan meningkatkan 50 persen kemampuan iSight kamera dari generasi sebelumnya.

Apple juga memperkenalkan teknologi yang dinamai deep trench isolation supaya menghasilkan kualitas bagus pada jepretan di ruang kurang cahaya. Fitur baru ini akan meningkatkan akurasi kualitas warna dan mengurangi kesalahan penerimaan warna serta noise.

Serunya, iSight kamera juga bisa menghasilkan rekaman video berkualitas 4K yang bisa menangkap 8 juta piksel di tiap frame. Tak lupa kamera depan 5MP yang bisa menghasilkan tangkapan gambar terbaik dengan Retina Flash di ruang gelap sekalipun.

Apple memberikan penawaran harga iPhone 6s seharga mulai dari US$ 199 (sekitar Rp2,9 juta) dan iPhone 6S Plus mulai dari US$ 299(sekitar Rp4,3 juta) untuk model 16 GB. Harga tersebut ditawarkan dengan disertai paket langganan operator telekomunikasi selama 24 bulan.

(brl/red)