Adu "kekuatan" Galaxy J5, Lenovo K3 Note, dan Redmi Note 3G

Adu "kekuatan" Galaxy J5, Lenovo K3 Note, dan Redmi Note 3G

Techno.id - Publik Indonesia saat ini tengah dimanjakan dengan kehadiran ponsel kelas menengah dari Samsung, Galaxy J5. Ponsel 'kembaran' Galaxy J7 ini kabarnya membawa sejumlah fitur yang cukup menarik. Bagaimanakah performa dari Galaxy J5 jika dibandingkan dengan Lenovo K3 Note dan Redmi Note 3G yang kabarnya juga mengusung fitur yang menyerupai ponsel ini?

Kamera

Sama-sama dibekali dengan resolusi kamera utama 13MP dan kamera di bagian depan 5MP, Galaxy J5 disebut-sebut lebih unggul dari dua pesaingnya tersebut. Pasalnya, Galaxy J5 telah dibekali dengan fitur kamera pendukung yang hampir sama dengan yang diusung oleh Galaxy S6 dan S6 Edge yakni aperture f/1.9 dan fitur Quick Launch. Kedua fitur tersebut membuat J5 menghasilkan bidikan gambar yang lebih jelas saat di kondisi minim cahaya dan lebih mudah mengaksesnya dengan hanya menekan tombol Home dua kali.

Display

Untuk urusan dislay, Galaxy J5 dan Redmi Note 3G nampaknya lebih kompak, karena keduanya sama-sama mengusung resolusi 720 x 1280 piksel. Sementara, Lenovo K3 Note mengusung resolusi yang lebih besar yakni 1080 x 1920 piksel. Meski mengusung resolusi yang sama, disebutkan jika kerapatan piksel dari Galaxy J5 lebih unggul ketimbang Redmi Note 3G. Galaxy J5 mengusung kerapatan piksel sebesar 294ppi sedangkan Redmi Note 3G "hanya" 267ppi.

Prosesor

Galaxy J5 hanya dibekali dengan prosesor quad-core 1.2GHZ Cortex-A53 dari Qualcomm. Sementara itu, Lenovo K3 Note dan Redmi Note 3G telah dilengkapi dengan prosesor octa-core 1.7GHzCortex-A53 dari MediaTek.

ROM dan RAM

Galaxy J5 dibekali dengan ROM sebesar 8GB serta RAM sebesar 1,5GB. Redmi Note 3G dibekali dengan ROM sebesar 8GB dengan kapasitas RAM sebesar 1/2GB. Sementara itu, Lenovo K3 Note boleh berbangga karena ponsel ini mengusung ROM lebih besar yakni 16GB dengan RAM 2GB.

Software

Untuk urusan software, Galaxy J5 lah juaranya. Hal ini tak lepas dari Android Lollipop edisi terbaru, 5.1 yang diusungnya. Sementara itu, Lenovo K3 Note dibekali Android Lollipop edisi awal, 5.0 dan Redmi Note 3G "hanya" dibekali Android Jelly Bean 4.2.

Baterai

Untuk kapasitas baterai, Galaxy J5 harus mengakui keunggulan Redmi Note 3G. Pasalnya, ponsel besutan Xiaomi tersebut telah mengusung baterai berkapasitas 3200mAh sedangkan Galaxy J5 hanya mengusung baterai berkapasitas 2600mAh. Sementara itu, Lenovo K3 Note dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh.

Harga

Dengan fitur yang hampir sama, Galaxy J5 menawarkan harga yang masih terbilang mahal untuk pasar smartphone kelas menengah yakni sekitar Rp2,8 jutaan. Bandingkan dengan Lenovo K3 Note yang "hanya" dibanderol dengan harga sekitar Rp1,8 jutaan dan Rp1,9 jutaan saja untuk Redmi Note 3.

Itulah beberapa perbandingan antara Galaxy J5, Lenovo K3 Note, dan Redmi Note 3G. Saran kami jika Anda inginkan ponsel dengan harga murah tetapi dengan fitur yang mumpuni terutama untuk fitur fotografi, maka Galaxy J5 bisa jadi salah satu yang wajib masuk daftar Anda.

(brl/red)