7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

Techno.id - Xiaomi tak henti-hentinya memberikan smartphone dengan kualitas tertinggi untuk pengguna Android di seluruh dunia. Mereka selalu bersaing di papan atas kategori gadget pilihan market. Mereka termasuk vendor smartphone yang sukses membuat produk unggulan di semua lini. Dari mulai ponsel entry-level, mid range, hingga flagship, Xiaomi selalu mengisi dengan teknologi terbaik.

Pabrikan ponsel pintar asal China ini telah sukses meluncurkan Xiaomi 12 Pro. Perangkat tersebut merupakan smartphone flagship terbaru dari Xiaomi. Xiaomi 12 Pro merupakan penerus dari Xiaomi 11 Pro yang memiliki performa cukup kencang. Bahkan untuk chipset, Xiaomi memberikan varian teratas dari Qualcomm.

Xiaomi mengoptimalkan berbagai elemen untuk dipasang pada Xiaomi 12 Pro. Mulai dari bentuk desain hingga mesin yang dipakai, Xiaomi memberikan teknologi terbaru. Selain itu, Xiaomi juga telah berhasil menekan biaya produksi untuk Xiaomi 12 Pro. Sehingga harga dari seri premium ini lebih terjangkau daripada kompetitor lainnya.

Penasaran seperti apa keunggulan dari Xiaomi 12 Pro. Pada kesempatan ini Kamis (14/4) techno.id akan memberikan 7 kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Desain mewah.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Desain dari Xiaomi 12 Pro merupakan inovasi terbaru dari Xiaomi yang diberikan. Dimulai dari modul kamera tampak rapi, dan terdapat garis-garis tegas untuk menambah kesan estetik. Kemudian bagian samping terdapat material aluminium untuk memberikan kesan mewah dan kuat. Pengguna akan merasakan kenyamanan saat mencengkram handphone ini berkat desain melengkung di semua sisi, dan ukuran terbilang pas dengan bobot hanya 204 gram saja. Ditambah desain dengan tekstur matte yang licin membuat bagian punggung ponsel tidak mudah terkena bekas sidik jari. Xiaomi memberikan 3 varian warna yang diterapkan yaitu Grey, Purple, dan Blue.

2. Layar kelas tinggi.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Xiaomi 12 Pro diberikan layar dengan tipe AMOLED E5 berukuran 6,73 inci. Panel layar tersebut mampu menciptakan grafis dengan kualitas WQHD+ atau 1440 x 3200 piksel. Kemampuan refresh rate layar tersebut termasuk tinggi yaitu 120 Hz, dengan teknologi LTPO. Artinya refresh rate dapat menyesuaikan penggunaan dari 1 Hz hingga 120 Hz. Xiaomi juga memberikan perlindungan layar dari Corning Gorilla Victus yang mampu untuk menahan goresan. Selain itu Xiaomi juga menyematkan teknologi dari Dolby Vision, HDR10+ yang dapat menambah detail warna grafis.

3. Performa garang.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Xiaomi 12 Pro mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. SoC tersebut merupakan varian tertinggi yang dimiliki oleh Qualcomm dan mendukung jaringan 5G. Ditambah RAM yang digunakan adalah tipe LPDDR5 berkapasitas 12 GB, dan memori internal sebesar 256 GB UFS 3.1. Dengan kombinasi SoC dan penyimpanan tersebut, perangkat ini dapat dipacu pada performa tinggi. Xiaomi juga memberikan mode Performance untuk memberikan boost saat perangkat dipakai untuk menerjang game berat seperti Genshin Impact.

4. Sensor kamera super.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Sektor kamera Xiaomi 12 Pro menggunakan sistem triple camera. Menariknya ketiga kamera tersebut menggunakan lensa dengan resolusi 50 MP. Terdapat 50 MP kamera wide, Dual pixel PDAF, OSI, kemudian 50 MP telephoto, 2x optical zoom, PDAF, dan yang terakhir 50 MP kamera ultra wide dengan kemampuan angel hingga 115 derajat. Sedangkan kamera selfie menggunakan lensa wide 32 MP. Kamera utama dari Xiaomi 12 Pro mampu memberikan kualitas 8K saat merekam video dengan kecepatan 24 fps, dan 4K di 30/60 fps. Kemudian terdapat lampu flash dual-led dual tone yang disandingkan dengan tiga kamera utama.

5. Speaker elit.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Xiaomi 12 Pro dilengkapi dengan dual stereo speaker yang terletak pada bagian bawah dan atas perangkat. Tentu hal ini cukup wajar, mengingat ponsel tersebut masuk ke dalam seri flagship. Namun istimewanya Xiaomi memberikan 4 buah speaker dengan komposisi 2 twitter dan 2 buah woofer di dalamnya. Ditambah speaker Xiaomi 12 Pro ditunning oleh Harman Kardon, dan diperkaya dengan software Dolby Atmos. Sehingga pengguna akan diberikan sensasi output audio yang jernih dan bass yang nendang.

6. Baterai dan fast charging.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Xiaomi 12 Pro dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4600 mAh. Kemampuan baterai tersebut juga didukung oleh fast charging yang diberikan. Xiaomi memberikan pengisian daya cepat hingga 120 Watt. Sehingga pengecasan perangkat dapat dilakukan kurang dari 25 menit hingga penuh. Ponsel ini juga sudah mendukung kemampuan untuk charging nirkabel hingga 50 Watt.

7. Pendinginan maksimal.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Xiaomi 12 Pro juga mempunyai keunggulan dengan perangkat yang dapat menjaga suhu tetap dingin. Bahkan saat dipakai untuk mengoperasikan game berat, ponsel ini mampu menjaga suhu konsisten di 40 derajat. Hal tersebut dapat dicapai Xiaomi berkat kemampuan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang andal dalam efisiensi pengelolaan baterai, dan sistem Cooling Vapor Chamber berukuran besar. Tentu hal ini merupakan kemajuan dari Xiaomi untuk menghadirkan smartphone aman dan kencang saat digunakan.

Itulah beberapa keunggulan dari Xiaomi 12 Pro yang langsung dapat dirasakan oleh penggunannya. Setelah membahas mengenai keunggulan dari Xiaomi 12 Pro, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui kelemahannya. Sebagai brand kuat, ternyata Xiaomi mempunyai kelemahan terutama pada software yang diterapkan. Penasaran apa yang menjadi kelemahan Xiaomi 12 Pro? simak ulasan berikut ini:

1. Terdapat iklan.

Tidak dapat dipungkiri Xiaomi 12 Pro merupakan seri flagship terbaru dengan segudang teknologi. Namun sayangnya Xiaomi masih belum lepas dari iklan yang dimunculkan saat aplikasi dijalankan. Akan tetapi sebuah iklan hanya muncul ketika pengguna membuka aplikasi bawaan dari Xiaomi. Tentu hal ini dampak dari harga yang ditekan oleh Xiaomi. Apabila iklan dihapuskan, maka boleh jadi Xiaomi 12 Pro mencapai harga yang fantastis.

2. Pembatasan performa.

7 Kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro, performa chipset dibatasi

foto: mi.co.id

Belajar dari peristiwa handphone flagship Xiaomi yang terbakar belum lama ini, vendor berupaya keras membuat perangkat dengan pendinginan maksimal. Hal tersebut dimaksudkan agar perangkat tidak mudah drop, hingga terbakar. Namun mengedepankan suhu tetap dingin berdampak pada performa handphone yang dibatasi. Sistem software Xiaomi 12 Pro akan menyesuaikan frame rate saat digunakan. Tentu hal tersebut akan sedikit mengganggu ketika dipakai bermain game. Pengguna akan merasakan grafis yang standar atau setara dengan 30 hingga 40 fps saja.


(brl/guf)