7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

Techno.id - Apakah kamu seorang mahasiswa tingkat akhir? Jika iya, pasti kamu sering untuk mencari referensi dari jurnal yang ada. Jurnal ilmiah menjadi salah satu sumber referensi untuk menambah wawasan, data, dan mengetahui hasil penelitian sebelumnya.

Saat ini mencari sebuah jurnal ilmiah cukup mudah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan dampak dari teknologi internet yang semakin canggih dan masif. Para pelajar, mahasiswa, bahkan pengajar dapat dengan cepat mendapatkan referensi jurnal dari berbagai platform yang tersedia di mesin peramban masing-masing.

Ketika sedang mengerjakan tugas dari dosen tentu sebuah jurnal akan menjadi referensi utama. Bahkan tak jarang seorang dosen mewajibkan mahasiswanya untuk mencari jurnal internasional yang ada. Jurnal international dianggap lebih memiliki teori yang lengkap, dan dapat dipertanggung jawabkan. Namun masalah akan terjadi tatkala jurnal tidak dapat diunduh akibat kewajiban untuk membayar biaya langganan.

Sebagai seorang mahasiswa tentu mencari jurnal internasional cukup memakan waktu dan biaya. Namun ternyata terdapat cara agar jurnal internasional dapat diunduh dengan cepat tanpa memakan banyak biaya loh. Pada kesempatan ini Rabu (7/4) techno.id akan memberikan 7 cara mendownload jurnal international tanpa biaya.

1. Menggunakan Emerald Insight

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: emerald.com

Emerald Insight merupakan platform yang memiliki layanan penyedia jurnal internasional. Ada banyak referensi yang berkaitan dengan ilmu administrasi, manajemen, pendidikan, dan masih banyak lagi. Halaman situs ini dapat digunakan untuk mencari referensi saat tugas akhir datang. Agar kamu dapat mengakses full halaman ini secara gratis, silahkan untuk mengurus terlebih dahulu administrasi membuka jurnal ke perpustakaan kampus yang bekerja sama dengan Emerald Insight.

2. Menggunakan DOAJ

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: doaj.org

DOAJ merupakan singkatan dari Directory of Open Access Journals. DOAJ adalah situs penyedia layanan artikel ilmiah berstandar internasional. Semua layanan dari DOAJ yang diberikan tidak dipungut biaya sepeserpun. Halaman situs ini menjadi salah satu wadah yang pas untuk mengunduh jurnal internasional. Namun sebelum mengunduh siapkan dahulu engine generator untuk mendownload seperti Idm maupun Sci-Hub.

3. Menggunakan Researchgate.

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto:researchgate.net

Researchgate merupakan platform media yang dapat digunakan para peneliti di berbagai negara. Situs ini menyediakan berbagai karya jurnal internasional yang dapat diakses secara gratis. Bahkan terdapat layanan untuk saling berdiskusi pada halaman situs ini. Namun terdapat beberapa jurnal yang harus diakses melalui request ke penulisnya secara langsung.

4. Menggunakan Elsevier.

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: id.wikipedia.com

Elsevier adalah salah satu penyedia layanan informasi jurnal ilmiah, ilmu teknik, dan medis terbesar. Situs ini dimiliki oleh RELX Group. Di dalamnya terdapat berbagai artikel ilmiah terbuka yang diterbitkan oleh Elsevier. Platform ini juga memberikan layanan untuk para pengguna agar dapat membaca hingga mengunduh jurnal yang ada.

5. Menggunakan Springer.

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: idp.springer.com

Springer adalah platform penerbit buku elektronik, dan jurnal berkaitan dengan ilmu sains, teknik, dan medis. Springer memberikan layanan untuk siapa saja dapat membaca maupun mengunduh karya ilmiah yang diterbitkan. Ada cukup banyak artikel yang dapat dijadikan referensi untuk mengerjakan tugas dari para pengajar. Namun sebelum melakukan penjelajahan situs Springer lebih dalam, alangkah baiknya untuk mendaftarkan menggunakan email terlebih dahulu. Kemudian agar artikel dapat terunduh, kamu bisa menggunakan engine generator downloader seperti Idm atau Sci-hub.

6. Menggunakan JSTOR.

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: id.wikipedia.com

JSTOR merupakan platform penyedia berbagai macam jurnal international cukup populer di kalangan mahasiswa maupun dosen. JSTOR merupakan perpustakaan digital yang menyediakan buku, jurnal ilmiah, dan referensi lainnya. Terdapat sistem antarmuka yang memudahkan pembaca saat masuk dalam situs ini. Pengguna juga dapat mengakses platform ini secara gratis. Bahkan pengguna dapat secara langsung mengunduh jurnal melalui laman tersebut.

7. Menggunakan Google Scholar.

7 Cara mudah download jurnal international, cepat tanpa biaya

foto: scholar.google.com

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu platform dari Google yang menyediakan berbagai buku digital, dan jurnal. Tidak hanya lingkup artikel ilmiah dengan Bahasa Indonesia saja, namun juga hasil penelitian dari berbagai negara, dan bahasa ada pada platform ini. Pengguna dapat mengakses dan mengunduh berbagai artikel di Google Scholar secara gratis. Bahkan tulisan ilmiah yang diunduh dapat dijadikan referensi dalam mengerjakan tugas.


(brl/guf)