Chipset MediaTek Dimensity 8200 resmi meluncur, ini peningkatan kemampuan yang dibawa

Chipset MediaTek Dimensity 8200 resmi meluncur, ini peningkatan kemampuan yang dibawa

Techno.id - Pabrikan chipset gadget terkemuka MediaTek akhirnya merilis produk terbarunya yaitu Dimensity 8200. Chipset ini menjadi penerus dari Dimensity 8100 yang berhasil mengambil hati berbagai brand smartphone. Nantinya chipset ini akan menunjang perangkat smartphone kelas premium.

Seperti diketahui, produk dari MediaTek populer dengan efisiensi daya yang diperlukan. Selain itu, chipset dari MediaTek terutama seri Dimensity memiliki performa tinggi dalam pemakaian setiap hari.

MediaTek memberikan berbagai peningkatan kapasitas di seri Dimensity 8200. Hal paling menonjol dari kecanggihan yang dibawa adalah adanya fitur Ray Tracing. Lantas apa saja kemampuan dari chipset ini? Pada kesempatan ini Rabu (14/12), techno.id akan memberikan rincian kapasitas chipset MediaTek Dimensity 8200.

System on Chip MediaTek Dimensity 8200 mempunyai konstruksi 4nm. Membuat chipset ini tidak memakan banyak daya saat digunakan. Chip ini memiliki kombinasi CPU octa-core atau delapan inti, terdiri dari satu inti performa tinggi atau high performance core Cortex-A78 clock speed hingga 3.1 GHz.

Lebih lanjut, main core performance tersebut ditemani dengan tiga inti CPU performa standard clock speed 3,0 GHz, dan empat CPU hemat daya clock speed hingga 2.0 GHz.

Chipset MediaTek Dimensity 8200 resmi meluncur, ini peningkatan kemampuan yang dibawa

foto: mediatek.com

Chipset ini dapat mendukung memori RAM tipe LPDDR5 yang dapat mencapai kecepatan baca hingga 6.400 Mbps. SoC anyar dari MediaTek ini juga menunjang perangkat dengan media penyimpanan atau storage tipe UFS 3.1.

Seperti telah disinggung sebelumnya, MediaTek memberikan fitur Ray Tracing. Fitur ini dapat memberikan kemampuan GPU yang dapat menampilkan pantulan cahaya di dalam game. Tentu hasilnya memberikan efek cahaya dan kualitas visual game lebih nyata untuk pengguna.

Dukungan lain juga diberikan dengan fitur Hyper Engine 6.0. Fitur ini dapat memberikan peningkatan frame rate lebih tinggi dan tetap stabil, termasuk menjaga kualitas internet.

Beralih ke dukungan grafis, MediaTek Dimensity 8200 dapat menopang panel resolusi FHD Plus dengan refresh rate 180 Hz. Tak sampai disitu saja, chipset mampu mendukung panel layar kualitas WQHD refresh rate hingga 120 Hz.

MediaTek Dimensity 8200 mempunyai fitur Intelligent Display Sync 2.0. Sistem ini bekerja untuk menyesuaikan refresh rate di layar di dalam game agar visual lebih impresif dan mulus.

Hal menarik lain dari chipset ini hadir di kemampuan dukungan untuk sistem kamera. SoC mampu memberikan dukungan kamera hingga resolusi 320 MP single kamera. Chip mampu menopang kebutuhan rekam video kualitas 4k di kecepatan 50 fps. Tentu chip sudah dilengkapi dengan HDR10+, chip IPS Imagiq 785, untuk meningkatkan kapasitas fotografi.

Chipset MediaTek Dimensity 8200 resmi meluncur, ini peningkatan kemampuan yang dibawa

foto: pixabay.com

MediaTek Dimensity 8200 dapat mendukung teknologi WiFi 6E, Bluetooth 5.3, dan tentu sudah menggunakan modem 5G untuk keperluan jaringan. Modem tersebut memberikan kecepatan download hingga 4,7 Gbps.

Chipset Dimensity 8200 bakal hadir di market global dalam waktu dekat. Smartphone iQoo Neo 7 SE menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset ini. Xiaomi juga digadang-gadang akan menanam SoC ini ke dalam produk terbarunya.

(brl/guf)