5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

Techno.id - Chipset menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Keberadaan komponen ini berfungsi sebagai otak dari perangkat. Semua perintah dari pengguna akan diolah dalam chipset, kemudian disalurkan ke berbagai komponen, agar sebuah ponsel dapat digunakan.

Ada berbagai macam chipset yang disediakan oleh pihak pengembang. Seperti chipset untuk ponsel entry-level dengan keunggulan hemat daya, kemudian chipset mid-range dengan penambahan fitur di sektor kamera, hingga chipset premium untuk smartphone kelas flagship.

Memang secara umum fungsi chipset sama. Namun perbedaan mendasar tentu ada di aspek kecepatan performanya. Semakin tinggi kualitas teknologi dari chip, maka secara otomatis smartphone dapat memproses berbagai aplikasi secara cepat dan lancar.

Di kelas mid-range ada dua chipset keluaran terbaru dengan kemampuan cukup ciamik. Pertama adalah chip buatan MediaTek tipe Helio G99, dan kedua adalah MediaTek Dimensity 700. Kedua chipset tersebut bersaing cukup ketat untuk menghadirkan performa ekstra bagi pengguna smartphone kelas menengah. Tercatat ada dua smartphone yang menggunakan chipset ini, yaitu Samsung Galaxy A14 5G dengan Dimensity 700 dan Poco M5 mengusung MediaTek Helio G99.

Lantas bagaimana perbandingan spek antara kedua smartphone tersebut? Berikut techno.id sajikan 5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (23/1).

1. Desain body.

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

foto: Samsung.com; Po.co.id

Samsung tetap memberikan desain casing simple untuk Galaxy A 14 5G. Terdapat warna baru yang ditawarkan oleh Samsung untuk perangkat ini, yaitu Dark Red. Terdapat modul kamera berbentuk lingkaran dan diletakkan secara vertikal di bagian casing. Seperti biasanya, material yang dipakai ponsel ini cukup solid dan lembut saat dicengkeram. Adapun untuk dimensi body sebesar 167.7 x 78 x 9.1 mm bobot 202 gram.

Beralih ke Poco M5, ponsel ini memiliki warna khas dari Poco yaitu kuning. Kemudian Poco tidak meninggalkan ciri lainnya, yaitu terdapat modul kamera yang melintang secara horizontal memenuhi casing bagian atas. Menariknya casing bagian belakang mempunyai tekstur kulit jeruk, menimbulkan kesan premium untuk perangkat. Dimensi M5 lebih kecil daripada Galaxy A14 5G, sebesar 164 x 76.1 x 8.9 mm bobot 201 gram.

2. Panel display.

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

foto: Samsung.com; Po.co.id

Galaxy A14 5G mempunyai bentang layar hingga 6,6 inci tipe PLS LCD. Screen yang dipasang mampu memberikan kualitas grafis Full HD 1080 x 2408 pixels kerapatan 400 ppi density. Layar mampu menciptakan refresh rate hingga 90 Hz. Kemudian berkat layar berukuran besar, pengguna bisa mendapatkan tampilan lega serta responsif.

Kemudian Poco M5 memiliki ukuran layar sedikit lebih kecil yaitu 6,59 inci tipe IPS LCD. Kemampuan layar juga tak jauh berbeda dari Galaxy A14 5G, yaitu mampu menampilkan grafis Full HD+ 1080 x 2408 keraptaan 401 ppi density, serta refresh rate hingga 90 Hz. Layar mempunyai teknologi pelindung goresan dari Corning Gorilla Glass 3.

3. Dapur pacu.

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

foto: Samsung.com; Po.co.id

Membahas mengenai dapur pacu di kedua smartphone ini cukup menarik. Samsung membekali Galaxy A14 5G dengan chipset MediaTek Dimensity 700. Chip ini mempunyai konstruksi 7nm, membuatnya cukup efisien daya saat digunakan. Lebih lanjut, CPU dari chip memakai kombinasi octa-core clock speed hingga 2,4 GHz. Galaxy A14 5G memiliki dukungan dari RAM mencapai 8 GB dan ROM 128 GB. Terdapat fitur penambahan RAM secara virtual hingga 6 GB. Adapun untuk sistem operasi sudah memiliki basis Android 13 interface One UI 5.

Sedangkan untuk Poco M5, mengandalkan chipset bentukan MediaTek tipe gaming Helio G99 terbaru. Chip menggunakan CPU octa-core yang mampu mencapai clock speed hingga 2,2 GHz. Kendati demikian, capaian skor AnTuTu Poco M5 termasuk tinggi, di atas angka 300 ribuan. Chip didukung oleh RAM berkapasitas hingga 6 GB dan memori internal 128 GB. SoC dari M5 memiliki efisien lebih karena konstruksi dibangun hanya sebesar 6 nm saja. Adapun untuk sistem operasi masih memakai Android 12 dan dapat diupdate ke Android 13.

4. Kamera

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

foto: Samsung.com; Po.co.id

Samsung memberikan sistem triple camera untuk Galaxy A14 5G. Terdapat kamera utama lensa wide resolusi 50 MP sensor PDAF. Kamera tersebut bersanding dengan 2 MP lensa makro dan depth. Adapun kamera selfie memakai lensa wide 13 MP. Tentu Samsung tak pernah gagal dalam memberikan kapasitas terbaik di sektor kamera. Kemampuan kamera Galaxy A14 mencapai 1080p di kecepatan 30 FPS.

Poco juga mengandalkan sistem triple camera. Terdapat kamera lensa wide resolusi 50 MP dengan kecerdasan buatan atau Ai. Kamera utama disandingkan dengan 2 MP lensa makro dan lensa kedalaman. Adapun kamera selfie memakai lensa wide 5 MP. Kapasitas lebih kecil dibanding seri Galaxy A 14 5G. Kendati demikian, Poco memberikan berbagai fitur seperti zoom lebih dalam, dan selfie lebih jernih.

5. Harga.

5 Perbedaan Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5, chipset mana paling gahar?

foto: Samsung.com; Po.co.id

Baik Samsung Galaxy A14 5G dan Poco M5 dibekali dengan baterai 5,000 mAh. Meski demikian perbedaan paling mencolok lainnya ada di sektor harga. Samsung membanderol ponsel ini dengan harga Rp 2,999.000. Sedangkan Poco M5 hanya diberi harga Rp 2.299.000.

Kedua smartphone tersebut memang cukup bersaing di segi chipset. Kemudian baik Poco maupun Samsung membanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Tentu kembali lagi pilihan jatuhnya di kamu, ya sobat techno!


(brl/guf)