CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 26 Juni 2015 11:32

Siap dukung OTT lokal, Operator tunggu sinyal Menkominfo

Indosat: Kami siap dukung rencana pemerintah dalam mengembangkan industri OTT lokal

Siap dukung OTT lokal, Operator tunggu sinyal Menkominfo

Techno.id - Rencana pemerintah untuk memberikan dukungan khusus kepada para penyedia layanan over-the-top (OTT) di Tanah Air sudah ramai dibicarakan sejak beberapa waktu lalu. Operator seluler disebut-sebut sebagai rekanan dari pemerintah dalam menyelenggarakan dukungan bagi OTT lokal tersebut.

Sayangnya, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) hingga saat ini masih belum memberikan daftar nama OTT lokal yang dipilih untuk mendapatkan dukungan. Para operator juga mengaku masih menantikan daftar resmi OTT yang bakalan jadi 'anak emas' di Indonesia tersebut.

"Sampai sekarang kita masih belum dapat daftar OTT lokal yang katanya akan mendapat dukungan dari pemerintah supaya dapat bersaing dengan OTT asing. Rencananya memang daftar nama itu mau diumumkan pada bulan Ramadan, tapi masih belum dikasih ke kita tuh," kata Alexander Rusli selaku Presiden Direktur dan CEO Indosat di acara buka bersama Media dan Management Indosat di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) itu menyebutkan bahwa operator seluler telah memahami niatan pemerintah untuk memberi dukungan pada OTT lokal. Bahkan, operator sudah siap membantu pemerintah dalam memberi dukungan.

"Kita siap dukung rencana pemerintah dalam mengembangkan industri OTT lokal. Kemungkinan akan ada kerja sama khusus antara operator dengan OTT lokal, tapi terus terang skemanya kita masih belum tahu. Biasanya sih kita akses layanan data gratis untuk pelanggan ketika pakai OTT tertentu, tapi semua tergantung operatornya masing-masin," tambah Alex.

Pengembangan industri OTT lokal sendiri diklaim Kemkominfo perlu dilakukan agar dapat mendorong industri digital kreatif di Indonesia tumbuh dan bersaing dengan OTT asing. Angka penetrasi smartphone yang kian tumbuh juga diyakini bakal mempercepat pertumbuhan industri OTT lokal Indonesia.

WHAT TO READ NEXT ?