CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 16 Januari 2016 20:00

Sering diblokir, ISIS buat aplikasi Android sendiri

Aplikasi Android buatan ISIS tak tersedia di Google Play Store.

Sering diblokir, ISIS buat aplikasi Android sendiri

Techno.id - Sepak terjang ISIS mulai mendapat perlawanan dari beberapa pihak. Hal ini terbukti dengan pemblokiran berbagai layanan chatting yang digunakan oleh ISIS. Namun, ISIS tak menyerah begitu saja, mereka saat ini sudah membuat aplikasi chatting terenkripsi sendiri untuk perangkat Android.

Menurut Ghost Security Group selaku jaringan yang memerangi jaringan terorisme, ISIS diketahui telah membuat aplikasi pesan terenkripsi bernama Alrawi. Aplikasi ini digunakan ISIS untuk berkomunikasi mengenai rencana penyerangan dengan kelompoknya.

"Enkripsi pada aplikasi Alrawi tak sekuat enkripsi yang dibuat oleh perusahaan, tetapi melihat kemampuan ISIS dalam membuat aplikasi menandakan bahwa ke depannya ISIS akan mengandalkan aplikasi tersebut untuk sarana berkomunikasi," kata juru bicara Ghost Security Group, seperti yang dilaporkan oleh RT (15/01/2016).

Selang satu bulan setelah meluncurkan aplikasi Alrawi, ISIS kembali membuat aplikasi bernama Amaq Agency. Aplikasi kedua ini dirancang khusus untuk distribusi propaganda dan memungkinkan penggunanya untuk mengikuti berita dan klip video terbaru dari ISIS.

Kedua aplikasi tersebut memang mengadopsi sistem operasi Android. Namun, aplikasi Alrawi da Amaq Agency tak tersedia di Google Play Store. Jika anggota militan ISIS ingin mengunduh aplikasi tersebut, mereka harus mendownload kode aplikasi terlebih dahulu kemudian baru bisa menjalankannya di smartphone dan tablet Android.

Saat ini, ISIS hanya memanfaatkan aplikasi Alrawi untuk mendiskusikan masalah penyerangan target. Sedangkan untuk pengiriman foto dan video terbaru tentang perkembangan ISIS, masih dilakukan melalui Telegram dan Twitter direct messages.

WHAT TO READ NEXT ?