Mahasiswa UGM kembangkan aplikasi wisata untuk wisatawan

Mahasiswa UGM kembangkan aplikasi wisata untuk wisatawan

Techno.id - Dilansir oleh Antara (15/07/15), Kelompok mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan aplikasi wisata yang memudahkan wisatawan mendapatkan informasi seputar daerah wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Aplikasi itu adalah Augmented Reality for Information Tourism (Artur). Pengembangan Artur bermula dari banyaknya keluhan wisatawan mengenai minimnya informasi tentang daerah wisata di DIY," kata ketua kelompok mahasiswa Rizqi Prasetiawan dikutip dari Antara.

Walaupun terdapat kantor pelayanan informasi pariwisata, kata dia, lokasinya belum banyak diketahui para wisatawan.

"Kebanyakan keluhan muncul terkait kesulitan mencari alat transportasi menuju lokasi wisata, belum mengetahui deskripsi objek wisata yang akan dituju, dan pilihan objek wisata di wilayah DIY," ujarnya.

Ia juga menambahkan jika aplikasi yang mereka kembangkan akan membantu wisatawan dalam mendapatkan informasi yang beragam terkait objek wisata di DIY. Aplikasi itu dapat menampilkan video, bentuk tiga dimensi objek, dan informasi berbentuk teks.

"Seluruh informasi yang ada diolah dan ditampilkan secara menarik dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Informasi dapat dinikmati wisatawan cukup dengan satu kali klik sehingga memiliki manfaat dalam sisi efisiensi," tambahnya.

Anggota kelompok mahasiswa Sekolah Vokasi UGM itu antara lain adalah M Hikam Hidayat, Swakresna Edityo Murti, Wakhid Rahmaning Nugraha, dan Naili Nahriyatul Ulya.

(brl/red)