CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 26 Juni 2015 13:08

Komik lokal Si Juki sukses di Tanah Air berkat LINE

Komik lokal Si Juki, dari media cetak, media sosial hingga aplikasi LINE

Komik lokal Si Juki sukses di Tanah Air berkat LINE

Techno.id - Geliat industri kreatif komik Indonesia yang sempat mengalami masa terpuruk tampaknya mulai bangkit kembali. Gambaran tersebut terlihat dari kehadiran tokoh komik bernama Juki. Adapun Juki sendiri merupakan hasil karya seorang animator bernama Faza Meonk yang dipopulerkan pada 2012 silam.

Seiring berjalannya waktu, Juki ternyata mampu merebut hati pecinta komik Indonesia. Pasalnya, salah satu layanan pesan instan terpopuler LINE telah menambah kontrak perpanjangan dengan Juki dalam bentuk stiker.

Awal mulanya, Juki sendiri berniat menyasar mahasiswa berusia 18 hingga 25 tahun. Namun, Juki justru mendapat sambutan tak terduga dari anak-anak dan orang tua yang ternyata juga terhibur dengan Juki.

Ketika bicara soal pembuatan, Faza mengakui hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama ialah mengetahui siapa target market yang kemudian konten menyesuaikan. Selanjutnya, membuat diferensiasi mengapa orang harus menyukai komik dan yang terakhir yakni menggarap konten produksi.

Menariknya, Faza cukup cerdik dalam melirik peluang melalui internet khususnya media sosial. "Keberadaan Juki pada tahun 2012 bermula dari komik cetak yang kemudian berlanjut ke media sosial. Media sosial memberikan dampak yang sangat signifikan dalam perkenalan Juki," ungkap Faza, sang animator Juki.

Hingga kini, Juki sudah berkembang baik dalam bentuk komik cetak maupun digital. Di sisi lain, Faza juga membuat merchandise untuk melakukan monetasi agar Juki tetap laris.

Keuntungan yang didapat oleh Faza dari hasil karyanya pun kini juga boleh dibilang besar, di mana Juki sanggup menghasilkan 50 hingga 60 juta per bulannya. Ke depannya, Juki sendiri berencana untuk masuk ke pasar yang lebih luas yakni negara-negara Asean guna mengharumkan nama bangsa Indonesia.

WHAT TO READ NEXT ?