Ini dia Smart Catch, games strategi unik asal Makassar

Ini dia Smart Catch, games strategi unik asal Makassar

Techno.id - Jika Anda penggemar games bergenre strategi, maka sempatkanlah untuk memainkan games Smart Catch. Games yang memanfaatkan teknologi smart city ini merupakan hasil karya mahasiswa asal Makassar yang kini tengah diperlombakan dalam Smart Generation for Smart City Competition yang digelar oleh Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seperti dilansir oleh Antara (2/12/15), games ini adalah games strategi multiplayer di mana tiap pemain bekerja sama dan bertugas mencari serta menangkap pelaku kejahatan yang berada di sekitaran kota. Menariknya, proses penangkapan pelaku kejahatan tersebut melibatkan teknologi smart city.

Andri Darmawan, salah seorang perancang games ini mengungkapkan jika games buatannya menawarkan pengalaman unik bekerja sama membasmi kejahatan dan melindungi kota sambil berkenalan dengan penggunaan teknologi smart city yang mendukung pengamanan kota yang lebih baik seperti surveillance, sosial media, dan lain sebagainya.

"Lewat games ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya teknologi smart city, sekaligus menunjukkan kehandalan smart city dalam menangani masalah keamanan. Ini sangat kompatibel dengan program Sombere dan smart city uang tengah dijalankan oleh pemerintah kota Makassar," ujar Andri.

Games Smart Catch memang belum bisa diakses secara bebas, karena saat ini sedang dalam tahap pengembangan untuk mengikuti grand final kompetisi Smart Generation for Smart City kategori online multiplayer dengan tema smart city.

(brl/red)