Ini cara menukarkan uang di aplikasi Pintar, limit capai Rp 3,8 juta

Ini cara menukarkan uang di aplikasi Pintar, limit capai Rp 3,8 juta

Techno.id - Bulan suci Ramadhan merupakan saat dimana umat Islam menjalankan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam dimana malaikat-malaikat turun ke bumi untuk membawa nikmat dari Allah SWT. Bahkan dikatakan dalam Alquran malam ini lebih baik baik daripada seribu bulan. Malam ini tak lain dan tak bukan adalah Lailatul Qadar.

Pada bulan Ramadhan juga terdapat momen hari raya Idul Fitri. Pada hari tersebut seluruh umat Islam di dunia telah sampai di titik kemenangan karena telah berhasil menjalankan ibadah puasa. Hari raya Idul Fitri juga menjadi ajang silaturahmi, saling meminta maaf baik dalam lingkup keluarga hingga lingkungan di sekitarnya.

Untuk menyambut hari yang fitri tersebut, kerap kali umat Islam menukarkan uangnya agar menjadi baru ke Bank Indonesia atau lembaga penukar uang resmi. Hal tersebut dilakukan karena kerap kali terdapat tradisi salam tempel di tengah masyarakat. Untuk menghadapi melonjaknya permintaan penukaran uang maka Bank Indonesia mengeluarkan aplikasi Pintar.

Aplikasi Pintar dibuat oleh BI untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dalam hal menukarkan uang. Terlebih saat ini negara masih rawan terhadap ancaman virus yang masih belum selesai. Platform ini dinilai akan mengurangi lonjakan antrian penukaran uang, dan mempermudah masyarakat mendapatkan uang baru sesuai kebutuhan.

Ramadhan tahun 2022 Bank Indonesia memberikan uang tunai layak edar sebesar Rp 175,26 triliun. Kemudian untuk mengedarkan uang tersebut, BI akan hadir ke 5013 titik layanan penukaran uang rupiah yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Masyarakat sudah dapat menukarkan uang rupiah mulai dari 4-29 April 2022 dengan kuota Rp 3,8 juta per orang.

Ini cara menukarkan uang di aplikasi Pintar, limit capai Rp 3,8 juta

foto: Liputan6.com/HO/Eko

Adapun cara menukarkan uang rupiah untuk lebaran dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

Dilansir dari halaman situs resmi Pintar Bank Indonesia, sebelum melakukan penukaran uang rupiah alangkah lebih baik untuk:

1. Menghitung total nominal uang Rupiah yang akan ditukarkan.
2. Memilih dan mengemas uang Rupiah yang ditukarkan. Tata cara pemilahan dan pengemasan uang Rupiah yaitu:
- Uang Rupiah dipilah menurut jenis pecahan dan tahun emisi, serta disusun searah.
- Tidak menggunakan selotip, perekat, lakban, atau staples untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang Rupiah.
3. Melakukan pemesanan penukaran melalui PINTAR.

Untuk tata cara pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling menggunakan aplikasi Pintar dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

1. Silahkan untuk akses halaman situs resmi PINTAR.
2. Pada halaman utama PINTAR, Sobat Rupiah dapat memilih menu kas keliling.
3. Sobat Rupiah selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang diinginkan.
4. Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih oleh Sobat Rupiah.
5. Sobat Rupiah melakukan pengisian data pemesanan meliputi:
- NIK-KTP
- Nama
- No telepon
- Email
6. Mengisi jumlah lembar/keping uang Rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling sesuai dengan peraturan jumlah dan jenis pecahan yang telah ditentukan Bank Indonesia.
7. Melakukan pemesanan untuk selanjutnya memperoleh bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling.

Saat akan datang ke titik kas keliling berada, hendaknya kamu mempersiapkan hal berikut ini:

1. Membawa bukti pemesanan penukaran dalam bentuk digital atau hasil cetak saat melakukan penukaran.
2. Membawa uang Rupiah yang telah dihitung dan dikelompokkan berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi uang, serta disusun searah.
3. Selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya untuk pencegahan penularan Covid-19.


(brl/guf)