Cara gunakan fitur Mute di Grup Call WhatsApp, pertemuan jadi kondusif

Advertisement

Techno.id - Salah satu platform untuk berkomunikasi dengan mudah saat ini adalah WhatsApp. Aplikasi yang kini tengah dikembangkan oleh Meta ini memiliki segudang fitur menarik. Dari sekian banyak, terdapat fitur WhatsApp yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan secara kolektif, yaitu group call.

Group call dari WhatsApp menjadi pilihan tatkala pengguna ingin melakukan pertemuan penting. Fitur tersebut memberikan kemudahan dengan hanya memilih daftar kontak yang akan diikutsertakan dalam pertemuan. Selain itu, group call WA juga memberikan sebuah opsi pilihan selain Zoom maupun Gmeet.

Menariknya kini pengguna WhatsApp terutama wilayah Indonesia telah mendapatkan update fitur baru. Fitur yang dimaksud adalah Mute ketika panggilan suara grup berlangsung. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membisukan suara peserta lain saat dalam panggilan. Tentu fitur tersebut berbeda dengan sebelumnya yang hanya dapat membisukan suara sendiri.

Dengan hadirnya pembaharuan fitur Mute tersebut, pengguna WhatsApp dapat melakukan pertemuan secara lebih kondusif. Karena biasanya terdapat noise atau gangguan yang disebabkan oleh berbagai hal masuk ke dalam panggilan. Hal tersebut dianggap mengganggu saat berlangsungnya proses komunikasi bersama.

foto: pexels.com

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur Mute saat dalam panggilan WhatsApp grup tersebut? Kali ini Senin (5/8) techno.id akan memberikan cara gunakan fitur Mute di Grup Call WhatsApp yang dihimpun dari berbagai sumber.

foto: Twitter/ @wcathcart

1. Pada saat panggilan grup atau group calls WhatsApp berlangsung, akan muncul siapa saja yang bergabung.
2. Kemudian silakan ketuk nama seseorang yang ingin kamu mute.
3. Setelah itu akan muncul dua opsi, yakni "Message .... " dan " Mute ...."
4. Kamu dapat kirim pesan ke orang tersebut, atau mute langsung dengan menekan tombol mic dengan garis miring.

Setelah pengguna lain kamu mute, akan ada notifikasi yang dikirim bertuliskan "Suara Anda telah dibisukan oleh anggota tertentu", yang tertulis “You’ve been muted by (nama kontak)”. Jadi seluruh anggota grup yang membisukan suara pengguna lain, akan muncul notifikasi serupa. Kendati demikian, pengguna yang telah membisukan suara pengguna lain tidak dapat menyalakan suaranya kembali. Pihak developer WhatsApp tidak menyajikan fitur Unmute pada updatenya. Artinya pengguna yang dibisukan perlu mematikan "Mute" tersebut secara mandiri untuk dapat berkomunikasi kembali.


Advertisement


(brl/guf)