Musik ternyata dapat membuat kucing jauh lebih tenang

Musik ternyata dapat membuat kucing jauh lebih tenang

Techno.id - Bukan hanya manusia yang membutuhkan relaksasi, hewan peliharaan seperti kucing pun ternyata juga membutuhkannya. Seperti halnya manusia, kucing pun ternyata dapat merasakan ketenangan saat diperdengarkan sebuah komposisi musik. Oleh karena itu, Dr Charles Snowdon dari University of Wisconsin-Madison dan timnya melakukan penelitian mengenai pengaruh memperdengarkan musik terhadap reaksi 'santai' yang ditunjukkan hewan berbulu tersebut.

Dikutip dari CNET (2/3/15), awalnya Snowdon memperdengarkan komposisi musik gubahan Gabriel Faure dan Johann Sebastian Bach yang biasa digunakan untuk terapi relaksasi pada manusia, kepada 47 kucing lokal untuk melihat apakah hewan berbulu tersebut memberikan respon tenang. Namun, semua kucing malah acuh tak acuh pada musik yang sedang diperdengarkan kala itu. Hasil yang mengejutkan justru didapat pada saat tim peneliti memutar musik hasil aransemen dari David Teie yang memiliki komposisi alami suara kucing dengan rentang frekuensi yang sama yakni sekitar satu oktaf atau lebih tinggi dari suara manusia. Kucing-kucing tersebut malah memberikan respon seperti menggosokkan kepala mereka di sekitar speaker yang menandakan bahwa mereka sudah merasa nyaman dan tenang.

Penelitian ini nantinya akan dikembangkan agar dapat membantu kucing-kucing yang baru diadopsi oleh majikannya melakukan adaptasi dengan lingkungan baru. Bahkan dapat membantu mengurangi stres yang bisa dialami oleh kucing Anda pada saat-saat tertentu, seperti saat musim kawin.

"Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa kucing rumahan lebih riskan terserang stres atau kecemasan ketimbang kucing liar. Oleh karena itu, penelitian ini kami (tim peneliti) adakan sebagai solusi bagi kesehatan "mental" hewan kesayangan Anda," jelas Snowdon

Musik relaksasi untuk kucing ini dapat Anda beli di situs Music For Cats seharga masing-masing Rp 13.000 untuk setiap track (tersedia tiga buah track berbeda).

Musik ternyata dapat membuat kucing jauh lebih tenang

(brl/red)