Di masa depan, penyakit diabetes bisa dideteksi melalui smartphone

Di masa depan, penyakit diabetes bisa dideteksi melalui smartphone

Techno.id - Saat ini, manusia makin tak bisa lepas dari penggunaan smartphone. Segala kegiatan bisa dilakukan melalui smartphone seperti berkomunikasi, menjalin pertemanan, bahkan melacak kesehatan penggunanya.

Nah, berdasar fakta tersebut beberapa peneliti asal Tec de Monterrey atau Meksiko University dan University of Houston bekerja sama merancang teknologi pada smartphone yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit diabetes di masa depan. Uniknya, teknologi itu nantinya dapat mendeteksi penyakit diabetes dengan smartphone melalui sampel air liur pengguna dalam hitungan detik saja.

Seperti dikutip dari ScienceDaily (31/10/15), teknologi berupa perangkat mikro tersebut kabarnya dapat mengidentifikasi biomarker dalam sampel air liur pengguna menggunakan bantuan kamera smartphone. Pengamatan melalui kamera kabarnya dapat mengidentifikasi reaksi enzimatik dari biomarker dengan memancarkan cahaya neon sebagai penanda apakah ada gejala penyakit diabetes pada air liur yang diidentifikasi.

Menariknya, proses identifikasi menggunakan teknologi tersebut pun kabarnya tak menghabiskan waktu yang lama karena cara kerja perangkat mikro yang diklaim mirip dengan cara kerja sistem identifikasi kehamilan.

"Teknologi buatan kami bekerja dengan cara sederhana seperti alat tes kehamilan di mana penanda spesifik bahwa seseorang teridentifikasi diabetes dapat diketahui dalam hitungan detik saja," ujar Dr Marco Antonio Rite Palomares, director of Biotechnology Center of the Tec de Monterrey FEMSA.

Teknologi ini kabarnya tengah dalam proses uji coba. Jika berhasil, maka teknologi yang nantinya akan terintegrasi ke ponsel pintar ini akan membuat identifikasi terhadap penyakit diabetes dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan biaya yang mahal.

(brl/red)