Akhirnya, 3 OTT lokal ini didukung ATSI

Ilustrasi pengguna layanan Over the Top © 2015 KapanLagi.com/Girindra Permana
Techno.id - Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) telah memutuskan tiga pemain Over The Top (OTT) lokal yang akan diajak kerjasama oleh operator selular. Tiga OTT yang beruntung itu adalah Qlue, Catfiz, dan Sebangsa seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (11/03/16).
Tujuan dari dilakukannya hal itu, agar OTT dalam negeri mampu bersaing dengan OTT global seperti WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Dari bentuk dukungan tersebut, pihak ATSI menginginkan agar OTT lokal juga lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan tentunya dipakai.
- Syarat wajib OTT lokal harus 100 persen Indonesia ATSI sendiri telah menyatakan dukungan terhadap tiga OTT lokal terpilih agar bisa go nasional dan international.
- APJII dukung penuh metode promosi OTT nasional APJII: Awal yang bagus, apalagi gratis kuota
- Siap dukung OTT lokal, Operator tunggu sinyal Menkominfo Indosat: Kami siap dukung rencana pemerintah dalam mengembangkan industri OTT lokal
Sebetulnya, sejak Desember 2015 yang lalu, proses pencarian OTT lokal yang layak didukung sudah dilakukan. Dari beberapa peserta yang ikut, ada tiga OTT yang dianggap serius dan memiliki rencana yang jelas. Meski begitu, bentuk kerja sama secara detailnya masih dalam tahap penggodokan.
"Bentuk kerja samanya sedang difinalisasi. Kami telah melakukan diskusi juga dengan yang tiga terpilih untuk supportnya seperti apa. Yang pasti ini bentuk support di luar funding. Kita tidak akan masuk ranah funding. Jadi bentuk support di mana operator bisa bantu. Misalnya, bagaimana kita bisa membantu layanan tersebut dikomunikasikan kepada customer base masing-masing operator selular," jelas Ketua Tim Seleksi OTT Nasional Binaan ATSI, Ongki Kurniawan, dikutip dari Merdeka.com.
Kerja sama itu, Ia ditargetkan akan dimulai pada bulan April tahun 2016 dan akan rutin untuk dievaluasi. Pihak ATSI terlebih dahulu menargetkan agar mampu berjalan selama tiga bulan.
"Tapi yang jelas untuk awal kita targetkan berjalan selama tiga bulan, dan kami akan evaluasi. Tapi secara overall masa binaannya bisa enam bulan atau sampai 12 bulan. Evaluasinya nanti secara umum, apakah bentuk support kita efektif dalam rangka memberikan awareness kepada pelanggan operator dan tentunya juga bagaimana mereka bisa kompetitif dibandingkan OTT global. Ukurannya itu kita ingin sebaiknya jangan kualitatif tetapi kuantitatif pula," terangnya.
RECOMMENDED ARTICLE
HOW TO
-
Cara terbaru mengetahui siapa yang menggunakan WiFi kita tanpa izin dan memblokirnya
-
Cara menerjemahkan chat WhatsApp pakai AI langsung di aplikasinya, gampang dan tak ribet
-
Cara terbaru merekam layar Macbook tanpa aplikasi tambahan, ringan dan tak bikin lemot
-
Cara terbaru kalibrasi warna monitor secara manual untuk desain grafis, ternyata gampang dan mudah
-
Cara menghapus aplikasi bawaan Windows yang jarang digunakan, bisa bikin lemot jika diabaikan
TECHPEDIA
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini
-
Apa itu pindai mata dan World Coin, ternyata berbahaya bagi data pribadi pengguna
LATEST ARTICLE
TECHPEDIA Selengkapnya >
-
5 Tanggal Steam Sale paling populer yang termurah, game harga ratusan ribu bisa dapat diskon 90%
-
Intip canggihnya Galaxy S25 Edge, bodinya bakal cuma setebal biji beras?
-
Tinggal diajak ngobrol, chatbot AI punya Netflix ini bisa kasih rekomendasi film yang asyik
-
Skype berhenti beroperasi setelah lebih dari 20 tahun, ganti jadi produknya Microsoft yang satu ini