Tahun ini, ITB ingin bangun laboratorium pendeteksi produk halal

Tahun ini, ITB ingin bangun laboratorium pendeteksi produk halal

Techno.id - Masyarakat saat ini dicemaskan dengan maraknya peredaran produk yang terindikasi haram dan tak layak konsumsi. Ingin memberikan solusi, Institut Teknologi Bandung (ITB) pun berniat membangun sebuah laboratorium yang akan dijadikan lokasi untuk mengetes halal atau tidaknya produk yang dijual di pasaran.

"Nama lab-nya CAS, atau Center of Advanced Science, itu di dalamnya ada teknologi nano. Teknologi ini yang akan menjadi pendukung pendeteksian produk halal," ujar Rektor ITB Kadarsyah Suryadi.

Seperti dihimpun dari Antara (05/07/15), Kadarsyah menargetkan kalau pembangunan laboratorium itu bakal dibangun mulai tahun 2015.

"Inginnya tahun ini (dibangun), tentu kita harus punya keinginan akses dari berbagai pihak, dari pemerintah atau siapa pun yang punya kepedulian terhadap produk halal ini, kita akan coba berkolaborasi," katanya.

Lebih lanjut, laboratorium CAS itu rencananya akan mendukung aktivitas Pusat Halal Salman ITB. Pusat Halal Salman ITB sendiri baru diresmikan Jumat (03/07/15) kemarin. Harapannya, produk yang beredar di pasaran ke depan tak hanya sehat tetapi juga halal.

(brl/red)