CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 15 Februari 2016 15:01

Ini alasan Rakuten hengkang dari Indonesia

Rakuten: Kami sedang mencari arah untuk model bisnis C2C serta bisnis lainnya

Ini alasan Rakuten hengkang dari Indonesia

Techno.id - Hengkangnya Rakuten dari Indonesia cukup menyita perhatian khususnya dari kalangan e-commerce. Hal tersebut disayangkan karena bertepatan dengan penentuan roadmap e-commerce yang mulai digagas oleh beberapa kementerian. Namun Rakuten punya alasan lain sehingga memutuskan untuk hijrah dari negara yang memiliki populasi UMKM besar ini.

Juru bicara Rakuten Global yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Rakuten menutup model awal pasar perdagangan elektronik di Indonesia, Malaysia dan Singapura. “Ini merupakan bagian dari transformasi dari perdagangan elektronik yang menjadi kunci dari peta strategi global Rakuten di masa depan yang diumumkan pada 12 Februari kemarin. Di Asia Tenggara, terkait adaptasi dan perubahan kondisi pasar, kami sedang mencari arah untuk model bisnis mobile consumer to consumer (C2C) serta bisnis lainnya,” ungkapnya.

Saat ditanya lebih lanjut sejak kapan keputusan tersebut diambil, pihaknya menambahkan, “Kami tidak dapat memberikan komentar mengenai detil waktu pembuatan keputusan. Keputusan untuk menutup perdagangan elektronik lokal di tiga negara tersebut dibuat berdasarkan penilaian yang ketat dari prospek pasar dan skala potensi di masing-masing negara untuk model bisnis yang ada”.

Operasional di Indonesia, Malaysia, dan Singapura akan berhenti pada akhir Maret.

Merchant serta pelanggan dapat tetap menghubungi kantor Rakuten untuk setiap pertanyaan serta permohonan dalam hal dukungan ataupun bantuan. Rakuten akan mempertahankan kantor pusat regional di Singapura dan sejumlah bisnisnya untuk melakukan operasi-pertumbuhan yang tinggi di wilayah tersebut.

Sementara terkait roadmap e-commerce yang sedang disusun, diungkapkannya, “Kawasan ini menghadapi tantangan ekonomi dan infrastruktur yang membutuhkan investasi lebih lanjut cukup besar untuk membantu mengubah lanskap e-commerce dalam mencapai potensi penuh, termasuk infrastruktur pengiriman dan pilihan pembayaran.”

WHAT TO READ NEXT ?