5 Kebiasaan mengisi daya smartphone yang dapat memaksimalkan masa pakai baterai, wajib dicoba nih

5 Kebiasaan mengisi daya smartphone yang dapat memaksimalkan masa pakai baterai, wajib dicoba nih

5 Kebiasaan mengisi daya baterai

4. Ingat, panas adalah musuh daya tahan baterai

5 Kebiasaan mengisi daya smartphone yang dapat memaksimalkan masa pakai baterai, wajib dicoba nih foto: freepik/marketlan

Suhu merupakan kontributor utama untuk umur panjang dan memaksimalkan masa pakai baterai. Bisa dibilang suhu sebagai pembunuh terbesar kesehatan baterai dalam jangka panjang.

Suhu tinggi (panas) bisa membuat baterai tertekan dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada saat disimpan pada suhu yang lebih rendah.

Kondisi yang terburuk adalah ketika baterai terisi penuh dan terpapar suhu tinggi. Karena itu harus dihindari saat mengisi daya smartphone. Jadi, jangan tinggalkan smartphone di bawah bantal saat mengisi daya di malam hari atau mencolokkannya di dasbor mobil pada hari yang panas.

5. Jangan terlalu sering menggunakan pengisian daya cepat

5 Kebiasaan mengisi daya smartphone yang dapat memaksimalkan masa pakai baterai, wajib dicoba nih foto: freepik/vitalii petrushenko

Teknologi pengisian daya cepat sampai saat ini masih menjadi masalah yang diperdebatkan. Sebab, pengisian daya cepat dapat menciptakan arus dan tegangan yang lebih tinggi sehingga menyebabkan perangkat menjadi lebih panas.

Dengan kemampuan yang melebihi 60W dan mendorong hingga 100W pada smartphone, umur perangkat dengan cepat menjadi masalah. Pengisian daya cepat tidak masalah untuk pengisian daya yang kecil.

Membiarkan smartphone mengisi daya dengan cepat selama 5 hingga 15 menit tidak akan menyebabkan masalah panas berlebih. Tetapi akan lain ceritanya jika kamu menggunakan pengisian daya cepat hingga smartphone pnuh.

Lebih baik menggunakan solusi pengisian daya cepat ketika suhu perangkat mulai panas lalu beralih ke pengisi daya yang lebih lambat, terutama jika kamu berencana mencolokkan smartphone

(brl/red)