10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama

10 Cara menjaga kesehatan baterai ponsel

6. Gunakan mode hemat daya

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama foto: unsplash/amanz

Saat baterai lambat, aktifkan mode hemat daya atau mode hemat baterai pada ponsel. Baik Android maupun iPhone memiliki mode penghematan baterai khusus yang mematikan aplikasi latar belakang, mengurangi daya pemrosesan, meredupkan layar, dan menonaktifkan layanan lain yang dapat menguras baterai dengan cepat.

Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah iPhone, buka Pusat Kontrol dan ketuk ikon baterai. Jika kamu memiliki Samsung Galaxy, buka Pengaturan dan buka Baterai dan perawatan perangkat > Baterai > Hemat daya. Ketuk tombol untuk menyalakan Mode Hemat Daya. Untuk Android lainnya, buka Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai dan ketuk Nyalakan sekarang.

7. Gunakan adaptor daya bawaan

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama foto: freepik/user3802032

Pengisi daya ponsel pihak ketiga mungkin memiliki peringkat voltase yang berbeda dari yang direkomendasikan produsen ponsel kamu. Menggunakan pengisi daya yang memasok ponsel dengan tingkat voltase yang tidak konsisten atau terlalu tinggi dapat sangat berdampak pada baterai, bahkan mungkin pada bagian lain dari ponsel kamu.

8. Mengisi daya baterai sebagian sebelum penyimpanan jangka panjang

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama foto: freepik/syafak

Jika kamu berencana tidak akan menggunakan ponsel untuk sementara waktu, isi daya baterai hingga 50% terlebih dahulu. Jangan mengisi daya hingga 100%, karena hal itu dapat menyebabkan baterai kehilangan sebagian kapasitasnya seiring berjalannya waktu.

Mengisi daya baterai setengahnya terlebih dahulu akan membantu mencegah baterai terkuras habis sehingga tidak dapat dipulihkan setelah lama tidak digunakan.

9. Pantau kesehatan baterai ponsel

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama foto: freepik/user33769719

Baik iPhone maupun Android memiliki aplikasi atau fitur bawaan untuk melacak kesehatan baterai. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kinerja dan masa pakai baterai. Pada iPhone, buka Pengaturan dan buka Baterai > Kesehatan Baterai. Pada Samsung Galaxy, buka aplikasi Samsung Members dan buka Dapatkan Bantuan > Pemeriksaan interaktif (atau Lihat tes) > Status baterai (atau Baterai).

Sementara pada perangkat Android lainnya, buka aplikasi Telepon dan tekan *#*#4636#*#*. Saat menu muncul, pilih Informasi baterai.

Kamu juga dapat mencoba aplikasi kesehatan baterai Android lainnya, seperti CPU-Z, Battery by MacroPinch, dan AccuBattery by Digibites.

10. Selalu perbarui perangkat lunak ponsel

10 Cara menjaga kesehatan baterai smartphone biar bertahan lebih lama foto: freepik

Menginstal pembaruan Android dan iOS secara teratur dapat membantu mengatasi masalah pengurasan baterai. Terkadang bug perangkat lunak dapat menyebabkan tekanan yang tidak perlu pada baterai.

Ketika hal ini terjadi, pengembang merilis perbaikan bug untuk masalah ini melalui pembaruan sistem operasi. Dengan selalu memperbarui ponsel, kamu akan selalu mendapatkan perbaikan bug terbaru, peningkatan mode baterai, dan peningkatan kinerja.

(brl/red)