Instagram Notes resmi dirilis Meta, ini cara menggunakan dan fitur baru lainnya

Advertisement

Techno.id -  Meta akhirnya merilis fitur baru untuk platform Instagram. Tak tanggung-tanggung mereka meluncurkan fitur Candid Stories, Notes, dan Group. Dari beberapa fitur yang diluncurkan, Notes menjadi hal paling menarik di kalangan pengguna Instagram.

Pasalnya Notes memiliki sistem mirip seperti Twitter. Pengguna bisa memasukkan teks dan emoji dengan batasan karakter. Tentu adanya fitur ini menjadi persaingan sendiri antara Meta dan Twitter. Bahkan rumor beredar Notes nantinya akan menjadi sebuah aplikasi tersendiri.

Melansir dari website resmi Meta, fitur Notes dimunculkan agar menjadi cara baru saat berinteraksi dengan Instagram. Kemudian Candid Stories sendiri dikeluarkan dengan sistem mirip platform BeReal. Sedangkan fitur Group Profile dapat dipakai berbagi postingan dan cerita dalam profil khusus yang dibagikan.

Lantas bagaimana penjelasan lengkapnya? Pada kesempatan ini Rabu (14/12), techno.id akan memberikan 3 fitur baru dari Instagram beserta cara penggunaannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Notes.

foto: about.fb.com

Notes merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram membuat status singkat sebagai pemantik obrolan hingga 60 karakter berisi teks dan emoji. Pengguna dapat membagikan Notes untuk followers yang diikuti atau orang-orang di daftar Close Friend. Nantinya Notes akan muncul dalam bentuk balon obrolan atau bubble di DM Instagram selama 24 jam. Notes tidak akan muncul di feed, dan hanya ada di menu Direct Message saja.

Cara menggunakan Notes Instagram:

foto: Techno.id/ Adnan

- Silakan buka Instagram melalui smartphone pengguna.
- Masuk ke menu DM dengan mengetuk ikon panah di bagian kanan atas layar.
- Kemudian pilih menu 'Catatan Anda' dan ketuk 'Tinggalkan catatan baru'.
- Pengguna akan dibawa ke menu Notes, dan silakan isi pesan melalui kolom yang disediakan.
- Silakan pilih siapa yang ingin dibagikan, bisa followers maupun teman dekat saja.
- Jika sudah selesai, silakan klik Bagikan.

Fitur ini sudah bisa dicoba untuk pengguna Instagram Tanah Air. Bagi sobat techno yang belum kebagian, bisa melakukan update aplikasi melalui toko aplikasi perangkat.

2. Candid Stories.

foto: about.fb.com

Candid Stories sekilas mirip platform BeReal yang tengah booming. Melalui fitur baru tersebut pengguna dapat membagikan foto yang diambil menggunakan kamera belakang maupun kamera selfie secara bersamaan. Nantinya akan ada sebuah notifikasi pengingat agar pengguna mengunggah konten Candid.

Candid Stories akan muncul di bagian Stories secara berjajar. Untuk melihat konten Candid, pengguna lain perlu mengunggah Candidnya terlebih dahulu. Barulah Candid followers lain akan muncul di kolom Stories.

Fitur Candid sendiri telah diuji coba oleh Instagram sejak beberapa bulan lalu melalui Candid Challenge. Sayangnya, Candid Stories ini baru diuji coba untuk pengguna Afrika Selatan.

3. Group Profile.

foto: about.fb.com

Group Profile merupakan fitur memungkinkan beberapa pengguna untuk melakukan unggahan konten melalui satu akun. Konten yang dibagikan ke Group Profile hanya bisa dilihat oleh anggota grup saja. Unggahan tidak dapat di share ke semua followers pengguna. Fitur ini mirip dengan Grup WA, maupun Facebook.

Bagi kamu yang ingin membuat Group Profile baru, bisa klik ikon Plus dan pilih opsi Group Profile. Pengguna nantinya bisa memasukan beberapa followers untuk ikut masuk ke dalam grup. Saat ini fitur anyar ini masih dalam tahap uji coba di Kanada, Chile, dan Taiwan.

foto: about.fb.com

Kemudian dari Group Profile Meta akan mengembangkan fitur Collaborative Collections. Fitur yang juga baru saja dirilis ini memungkinkan pengguna dapat menyimpan konten dari feed ke koleksi kolaboratif dalam grup maupun DM one-on-one. Nantinya pengguna dapat menambahkan unggahan ke dalam Collaborative Collections dengan menyimpan postingan secara langsung dari feed atau dibagikan ke followers via DM dan disimpan.

Advertisement


(brl/guf)