9 Cara kosongkan ruang penyimpanan di Android tanpa hapus aplikasi

Advertisement

Techno.id - Android merupakan salah satu sistem operasi pada perangkat elektronik seperti HP dan tablet. Dengan menggunakan sistem operasi ini, perangkat elektronik bisa digunakan untuk menjalankan keperluan seseorang mulai dari hiburan, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah sistem, tentu Android disematkan pada perangkat dengan spesifikasi yang disesuaikan. Pasalnya, jika versi Android yang digunakan terlalu tinggi pada perangkat yang bukan peruntukannya, penggunaan sistem operasi ini tidak bisa berjalan maksimal.

Selain penyesuaian, komponen utama seperti penyimpanan external juga perlu diperhatikan pada sebuah perangkat berbasis Android. Kerap kali banyak yang tidak sadar bahwa penyimpanan pada perangkat yang mereka miliki sudah diambang batas. Penyimpanan penuh pada perangkat Android tentu mempengaruhi kinerja HP maupun tablet.

Masalah seperti ini tentu perlu mendapatkan perhatian lebih agar perangkat yang digunakan bisa bertahan lebih lama. Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (1/8), 9 cara kosongkan ruang penyimpanan di Android tanpa hapus aplikasi.

1. Hapus cache

foto: pixabay.com

Setiap perangkat elektronik tentu memiliki cache yang dihasilkan selama proses pemakaian. Semakin lama sebuah aplikasi digunakan, tentun cache yang ada semakin besar. Kamu bisa menghapus cache yang ada pada setiap aplikasi untuk menambah kapasitas penyimpanan pada perangkat dengan sistem operasi Android.

Penghapusan cache tidak akan menghilangkan data yang ada. Bahkan dengan menghapus cache, aplikasi yang ingin dibuka menjadi lebih cepat dan lancar.

2. Menghapus file ganda

foto: pixabay.com

Selama menggunakan sebuah perangkat, tentu kamu mengalami penggunaan file ganda. Sebagai contoh file yang dikirimkan melalui grup WhatsApp. Sering kali beberapa orang mengirimkan file yang sama dalam satu grup. Sadar atau tidak, kamu mungkin telah mendownload dua file serupa pada perangkat yang digunakan.

Menghapus salah satu file ini bisa dilakukan untuk menghemat ruang penyimpanan yang tersedia. Meski tidak banyak berpengaruh, namun pada beberapa file dengan ukuran besar tentu memberikan dampak yang signifikan.

3. Menggunakan layanan cloud

foto: pixabay.com

Sistem cloud atau berbasis awan adalah salah satu langkah untuk menggantikan penggunaan penyimpanan eksternal. Kamu bisa menggunakan layanan dengan basis cloud seperti Google Drive, Mega, dan lain sebagainya untuk menyimpan file yang kamu miliki.

Memang dalam penggunaannya sistem penyimpanan berbasis cloud memerlukan koneksi internet. Namun cara ini ampuh untuk mengatasi gangguan dari sistem penyimpanan yang habis.

4. Batasi penggunaan aplikasi

foto: pixabay.com

Selain data atau file yang disimpan pada sistem penyimpanan, aplikasi juga merupakan salah satu penyebab utama dari habisnya kapasitas storage yang tersedia. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan aplikasi yang diperlukan saja. Cara lain yang patut dicoba adalah menggunakan aplikasi lite. Meski dari segi fitur terdapat beberapa perbedaan, namun penggunaan aplikasi lite mampu mengurangi jumlah penyimpanan yang diperlukan.

5. Kurangi penyimpanan musik dan video

foto: pixabay.com

Jika kamu orang yang gemar mendengarkan musik atau menonton video, kamu perlu sedikit mengurangi aktifitas itu. Pasalnya, menyimpan banyak musik dan video memakan tidak sedikit tempat pada sistem penyimpanan. Kamu bisa menghapus sebagian musik atau video yang mungkin jarang didengarkan.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah beralih ke platform berbasis internet. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti YouTube untuk mendengarkan lagu dan menonton video tanpa perlu memikirkan kapasitas penyimpanan yang ada.

6. Restart perangkat

foto: pixabay.com

Cara ini mungkin tidak memberikan dampak yang signifikan. Namun merestart perangkat mampu menghapus beberapa cache yang ditimbulkan selama proses pemakaian perangkat seperti HP dan tablet. Lakukan restart perangkat setidaknya tiga hari sekali untuk membersihkan cache yang ditimbulkan selama proses penggunaan perangkat tersebut.

7. Gunakan penyimpanan tambahan

foto: pixabay.com

Pada beberapa HP lawas mungkin masih bisa menggunakan MicroSD sebagai sistem penyimpanan tambahan. Dengan menambahkan MicroSD, kamu bisa menyimpan beberapa data penting hingga aplikasi. Dengan demikian, sistem penyimpanan internal yang ada pada perangkat HP dan tablet bisa sedikit lega.

8. Pindahkan file ke perangkat lain

foto: pixabay.com

Selain HP dan tablet, terdapat beberapa perangkat elektronik lain yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Kamu bisa memindahkan sebagian data yang dimiliki ke dalam laptop maupun komputer. Penyimpanan pada laptop atau komputer yang lebih besar cenderung mudah digunakan untuk menyimpan data yang kamu miliki.

9. Melakukan reset pabrik

foto: pixabay.com

Cara ini mungkin terdengar sedikit rumit namun pasti berhasil. Ketika kamu melakukan reset pabrik, semua data yang ada akan terhapus. Dengan demikian penyimpanan yang ada pada perangkat seperti HP dan tablet bisa kembali lega. Namun cara ini tidak bisa sering dilakukan. Mungkin kamu bisa melakukan reset pabrik jika delapan cara sebelumnya sudah tidak bisa dilakukan lagi.


Advertisement


(brl/guf)