Tinggalkan smartphone ketika mengisi daya dalam waktu lama apakah berbahaya? Ini penjelasannya

Advertisement

Techno.id - Smartphone menjadi device paling digunakan setiap harinya. Sebuah ponsel pintar dapat menunjang berbagai kegiatan produktif pengguna, baik itu untuk berkomunikasi, bekerja, hingga menimba ilmu. Oleh karena itu, tak heran jika perangkat HP pintar tak bisa lepas dari genggaman seseorang.

Di dalam smartphone ada berbagai komponen yang menjadi perangkat bisa digunakan. Salah satu part penting adalah baterai. Sebuah baterai HP menjadi penopang energi untuk device bisa digunakan. Energi elektroda di dalam baterai bisa memberikan supply daya ke dapur pacu agar ponsel bisa digunakan.

Memang cara kerja baterai cukup simpel. Namun seringkali pengguna smartphone bertanya, apakah mengisi daya atau ngecas dengan waktu lama apakah aman?

Pertanyaan ini seakan menjadi perdebatan di tengah-tengah masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa hal tersebut berbahaya dan bisa mengakibatkan ponsel meledak hingga merugikan. Kemudian ada juga yang memiliki pendapat jika mengisi daya dalam waktu lama tidak menjadi masalah, karena ponsel sudah mempunyai sistem cut-off otomatis jika baterai terisi penuh.

Nah, jika sobat bingung mana yang benar, kali ini techno.id pada Kamis (11/5), bakal membahas terkait pengisian daya baterai smartphone yang ditinggal lama oleh penggunanya.

 


Advertisement


(brl/guf)