7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

Techno.id - Apple merupakan brand gadget besar masa kini yang terpusat di California, Amerika. Apple memiliki segudang produk gadget dan sistem operasi populer. Salah satu produk dari Apple adalah smartphone iPhone. Ya, iPhone menjadi ponsel pintar kelas premium bagi para pengguna gadget.

Ada berbagai macam seri dari iPhone. Salah satunya adalah iPhone XR. Ponsel ini dapat dikatakan menjadi seri terjangkau ponsel iPhone. Walaupun dianggap sebelah mata, iPhone XR tetap layak untuk digunakan.

Ada beberapa fitur menarik yang diberikan Apple untuk iPhone XR. Bahkan spek dari ponsel pintar ini terbilang mumpuni untuk digunakan sebagai daily driver. Lalu apa saja fitur andalan dari iPhone XR? Kali ini techno.id akan memberikan 7 fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas.

1. Kapasitas memori besar.

7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

foto: ibox.co.id

Salah satu penunjang smartphone agar dapat dipacu adalah kapasitas memori. Apple memberikan RAM sebesar 3 GB dan memori internal opsi 64 GB opsi 128 GB. Dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu, pengguna bisa memanfaatkan iPhone XR untuk berbagai kegiatan multitasking. Tak sampai disitu saja, pengguna juga bisa menyimpan berbagai data seperti foto, video dan dokumen pekerjaan.

2. Dilengkapi fitur kamera Smart HDR.

Apple memang memiliki teknologi kamera mumpuni yang dipasang pada iPhone. Pada ponsel iPhone XR terdapat fitur smart HDR. Dengan fitur tersebut pengguna dapat menggunakan pencahayaan potret alami, studio, dan kontur. Selain itu, kamera dari iPhone XR dapat menerapkan penstabilan gambar secara otomatis, mode beruntun, serta penanda lokasi foto. Perlu diketahui, ponsel tersebut mempunyai lensa wide resolusi 12 MP dengan digital zoom hingga 5x.

3. Miliki fitur TrueDepth.

7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

foto: ibox.co.id

Pada sektor kamera selfie, iPhone XR mempunyai fitur sangat membantu pengguna dalam melakukan swafoto. Apple memberikan mode bokeh maupun potret yang ditingkatkan. Terdapat fitur TrueDepth camera yang dapat digunakan untuk menyesuaikan pencahayaan dengan 6 efek seperti alami, studio, kontur, panggung, mono, dan high-key mono. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengambilan live photo dalam warna lebih luas.

4. Fitur keamanan mumpuni.

Apple memiliki sistem keamanan yang dikenal dengan Face ID. Fitur safety dari Apple tersebut dibenamkan pada iPhone XR. Oleh karena itu, selain menggunakan lock screen sandi atau PIN, pengguna bisa memakai FaceID. Sistem FaceID akan membaca raut wajah pengguna untuk dapat membuka kunci. Apabila wajah tidak sesuai dengan pengguna, maka ponsel tidak bisa digunakan.

5. Speaker berkualitas.

7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

foto: ibox.co.id

Apple memberikan kualitas audio jempolan pada iPhone XR. Ponsel tersebut dapat mendukung format audio seperti AC-LC, HE-AAC, HE-AAC v2, Protected AAC, MP3, Linear PCM, Apple Lossless, FLAC, Dolby Digital, Dolby Digital Plus dan Audible. Speaker stereo yang dipasang memberikan sensasi suara lebih lebar dan tentunya cukup nendang. Pengguna dapat merasakan kualitas audio jempolan ketika memutar video atau musik dengan iPhone XR.

6. Dibekali aplikasi bawaan lengkap.

Apple tentu memiliki interface tersendiri yang sederhana untuk digunakan. Pada iPhone XR, Apple telah membekali aplikasi bawaan cukup lengkap. Pengguna tidak perlu repot-repot untuk melakukan pengunduhan dan penginstalan aplikasi yang dibutuhkan. Karena Apple membekali aplikasi seperti Foto, Kesehatan, Pesan, Telepon, FaceTime, Kalender, Peta, Safari, Wallet, Musik, Mail, iTunes Store, App Store, Catatan, Kontak, Buku, Rumah, Kalkulator, Saham, TV, Jam, Pengingat, Cuaca, Memo Suara, Kompas, Podcasts, Watch, Kiat, Lacak, Terjemahkan, Pintasan, Pengukur, File dan Pengaturan pada iPhone XR. Dengan kata lain, pengguna mendapatkan ponsel siap pakai.

7. Ramah bagi penyandang disabilitas.

7 Fitur andalan di iPhone XR, ramah bagi penyandang disabilitas

foto: ibox.co.id

Apple sangat peduli untuk para pengguna yang memiliki keterbatasan atau bisa disebut penyandang disabilitas. Terbukti pada iPhone XR, Apple memberikan fitur sensor aksesibilitas mumpuni untuk pada pengguna difabel. Terdapat fitur VoiceOver, Pembesar, Zoom, Dukungan RTT dan TTY, kontrol pengalihan, dikte, teks tertulis, Assistive Touch, ketuk bagian belakang dan ucapkan layar. Dengan berbagai fitur tersebut pengguna disabilitas dapat dengan mudah ketika menggunakan ponsel setiap harinya.


(brl/guf)