Nokia rilis smartphone entry level dengan Android 12 Go, ini spesifikasi dan harganya

Advertisement

Techno.id - Nokia yang merupakan perusahaan barang elektronik asal Tampere, Finlandia yang tersebut sukses mencapai puncak kejayaan pada era 2000-an. Melalui featured phone yang mereka rilis, nama Nokia telah dikenal hamir oleh semua orang. Bukan tanpa alasan, perangkat Nokia bisa dibilang paling canggih kala itu.

Namun kini nama Nokia hanya tinggal kenangan yang mulai dilupakan banyak orang. Akan tetapi, belakangan ini Nokia kembali memunculkan taringnya melalui sederet produk anyar yang mereka rilis. Belum lama ini Nokia secara resmi merilis smartphone entry level dengan spesifikasi lumayan.

Nokia C12 yang menyasar sektor penggunaan sedang saja menjadi produk anyar yang telah dirilis resmi secara global. Sesuai pangsa pasarnya, Nokia C12 menjadi ponsel dengan spesifikasi sedang saja yang mungkin cocok untuk sebagian orang, khususnya mereka yang hanya ingin menjalankan keperluan ringan.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/1), spesifikasi Nokia C12.

Spesifikasi Nokia C12

foto: nokia.com

Nokia C12 merupakan sebuah smartphone dengan desain yang bisa dibilang sederhana namun tetap menarik. Kali ini Nokia memberikan tiga opsi warna Dark Cyan, Charcoal, dan Light Mint dengan material Polycarbonate yang dapat dipilih sesuai selera. Sebagai informasi tambahan, tiga varian warna tersebut membalut dimensi 160.6 x 74.3 x 8.8 mm dengan bobot 177.4 g yang bisa dikatakan masih sangat nyaman untuk digunakan sebagai daily driver.

Tak hanya mementingkan sektor tampilan, Nokia juga memberikan spesifikasi yang sejujurnya terasa biasa. Namun mengingat Nokia C12 adalah smartphone entry level, penggunaan Unisoc SC9863A1 (28nm) di sektor dapur pacu termasuk wajar. Dari segi performa, chipset satu ini memang tidak bisa dibilang sangat kencang. proforma yang dihasilkan tentu hanya cukup saja untuk menjalankan aplikasi harian seperti media sosial dan beberapa aplikasi ringan lainnya.

foto: nokia.com

Unisoc SC9863A1 (28nm) pada Nokia C12 ditemani oleh RAM dan storage dengan kapasitas lega. Satu varian 2 / 64 GB bisa digunakan untuk mengoperasikan berbagai aplikasi yang ada pada smartphone satu ini. Satu varian ini memang terasa kurang untuk pengguna di tahun 2023, namun mengingat spesifikasi chipset yang dibawakan termasuk sedang saja, penggunaan RAM dan storage tersebut mungkin masih bisa nyaman digunakan.

Meski sektor jeroan Nokia C12 bisa dibilang memiliki spesifikasi yang tidak terlalu kencang, namun smartphone satu ini unggul di sektor layar. Mengusung layar dengan ukuran 6.3 inch HD+ (720 x 1600) IPS LCD, 80.3% screen-to-body ratio, 20:9 ratio (~278 ppi density), dengan proteksi Scratch-resistant glass membuat HP satu ini bisa digunakan dengan nyaman untuk menjalankan berbagai aplikasi berat.

foto: nokia.com

Bagian lain dari sebuah smartphone yang tidak boleh ketinggalan untuk dibahas adalah kamera. Kali ini Nokia menyematkan single camera baik pada sisi belakang maupun depan. Single camera pada sisi belakang 8 MP, AF dengan fitur LED flash, Night mode, Portrait mode, Auto HDR, dan Time lapse dapat merekam video hingga 1080p@30fps. Sedangkan pada sisi depan, Nokia C12 mengusung single selfie camera 5 MP yang mampu merekam video hingga 720p. Meski terbilang sangat biasa, namun kamera tersebut sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk sekadar menangkap gambar.

Agar smartphone satu ini bisa digunakan dengan lebih maksimal, Nokia menyematkan koneksi wireless unggulan. Wi-Fi 802.11 b/g/n pada Nokia C12 dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone ini pada koneksi internet dengan lancar. Tak hanya itu, Bluetooth 5.2, A2DP juga hadir sebagai sarana mempermudah proses pengiriman dan penerimaan file penting yang dimiliki setiap pengguna.

foto: nokia.com

Selain itu, Nokia C12 juga dibekali dengan koneksi lain seperti GPS, FM radio, USB microUSB 2.0 serta beberapa koneksi wireless seperti Accelerometer (G-sensor), Ambient light sensor, dan Proximity sensor. Meski tidak terlalu banyak, namun fitur yang ada sudah dapat digunakan untuk memaksimalkan keperluan setiap penggunanya.

Sektor terakhir yang perlu mendapat perhatian adalah baterai. Kali ini Nokia C12 dibekali dengan baterai berkapasitas yang bisa dibilang kecil di angka 3000 mAh Lithium-Ion yang dapat dilepas pasang. Meski kapasitas baterai smartphone satu ini termasuk kecil, namun keunggulan bisa dilepas dan pasang membuatnya mudah digunakan terlebih diganti baterai saat memang sudah waktunya.

foto: nokia.com

Dilansir dari gsmarena.com, Nokia C12 akan dibanderol dengan harga kisaran 120 EUR atau jika dirupiahkan setara Rp 1,9 jutaan. Untuk sebuah smartphone entry level, harga tersebut tentu termasuk cukup murah. Tak hanya itu, Nokia C12 juga akan membawa Unit Nokia C12, Charger, Headset, Jelly Case, Quick Start Guide, Removable Battery, Safety Booklet, Screen Protector, serta USB Type C Cable dalam paket penjualan.


Advertisement


(brl/guf)