Cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, solusi mudah saat capek ngetik

Advertisement

-

Cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Pada dasarnya, cara mengaktifkan Voice Typing di Google Docs bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa pengaturan sederhana agar fitur satu ini dapat dinikmati dengan mudah.

(Foto: Freepik.com)

1. Pastikan kamu memiliki akun Google dan akses ke Google Docs. Jika belum, buat akun dan buka Google Docs di browser web.

2. Pastikan mikrofon terpasang pada komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengakses Google Docs.

3. Buka dokumen yang ingin ditulis menggunakan voice typing.

4. Klik pada menu “Tools” di bagian atas layar dan pilih “Voice typing” dari menu dropdown.

5. Jika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakan fitur voice typing, Google Docs akan meminta izin untuk menggunakan mikrofon. Klik “Allow” untuk memberikan izin.

6. Setelah itu, ikon mikrofon akan muncul di sebelah kiri halaman. Klik pada ikon tersebut untuk memulai merekam suara kamu.

7. Mulai berbicara dan ucapkan kata-kata yang ingin kamu tulis. Google Docs akan secara otomatis mengetikkan apa yang kamu ucapkan.

8. Jika kamu ingin memberhentikan voice typing, klik pada ikon mikrofon lagi atau tekan tombol “Stop listening” di jendela voice typing.

9. Untuk mengedit atau memformat teks yang ditulis menggunakan voice typing, klik pada teks dan gunakan fitur format yang tersedia di menu “Toolbar” di bagian atas layar.

10. Jika ingin melanjutkan mengetik dengan voice typing, klik kembali pada ikon mikrofon untuk memulai merekam.

11. Setelah selesai mengetik menggunakan voice typing, klik pada tombol “File” di bagian kiri atas layar, lalu pilih “Save” atau “Save as” untuk menyimpan dokumen.

Demikianlah cara lengkap mengaktifkan voice typing di Google Docs. Sekarang, kamu dapat menggunakan voice typing untuk mengetik dokumen dengan mudah dan cepat di Google Docs.

Advertisement


(brl/red)