Begini cara membuat smartphone Oppo kamu ngebut, sering-sering lihat update software

Advertisement

Techno.id - Smartphone Oppo menjadi salah satu perangkat gadget yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Selain karena desain yang stylish, sejumlah fitur dan keunggulan yang ditawarkan pada beberapa varian Oppo juga kerap menjadi pertimbangan.  

Namun, sebagai salah satu smartphone yang dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Android, smartphone Oppo juga tak lepas dari kekurangan. Masa pakai yang cukup lama, termasuk kurangnya perawatan pemakaian seringkali membuat kinerja perangkat lemot, khususnya pada perangkat model lama. Sebenarnya, kondisi ini juga terjadi pada hampir semua smartphone yang menjalankan sistem operasi Android.  

Nah jika merasa smartphone kamu sudah mulai lemot, sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk mengatasinya. Umumnya pengguna akan melakukan restart pada perangkat dengan beberapa cara mulai dengan memanfaatkan tombol fisik, tanpa tombol, atau menggunakan aplikasi.

(Foto:Oppo Indonesia)

Restart ponsel memiliki berbagai fungsi salah satunya dapat meningkatkan kinerja ponsel. Pasalnya saat melakukan restart ponsel, maka sistem akan memulai ulang. Sehingga kinerja ponsel dapat lebih ringan dan lancar lagi. Berikut beberapa cara mengatasi ponsel lemot yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023).

1. Restart dengan berbagai cara

Merestart perangkat smartphone dinilai sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi smartphone lemot. Sebenarnya hampir semua smartphone Android memiliki cara merestart yang hampir serupa. Nah sebelum melakukan restart smartphone kamu, sebaiknya ketahui dulu penyebab smartphone kamu lemot. Begini beberapa cara merestart smartphone.

Menggunakan tombol fisik 

1. Pertama periksa terlebih dahulu tombol-tombol fisik smartphone kamu mulai dari tombol power dan tombol volume. Apakah berfungsi dengan baik.

2. Setelah itu, ketika smartphone dalam keadaan hidup, tekan dan tahan tombol power dan volume atas. Tahan beberapa detik hingga ponsel kembali menyala.

3. Tunggu hingga proses restart selesai dan sistem memulai ulang. 

Tanpa tombol fisik 

Ada juga metode lain yang bisa kamu gunakan untuk restart smartphone, tanpa tombol fisik. Ini bisa kamu lakukan jika tombol fisik smartphone kamu tidak berfungsi dengan baik. Ini sebagai alternatif. Jadi kamu bisa merestart smartphone dengan fitur bawaan. Begini caranya.

1. Buka menu pengaturan di ponsel

2. Pilih Pengaturan Tambahan

3. Pilih Aksesbilitas lalu klik

4. Aktifkan menu Aksesbilitas hingga ikon tombol berubah warna hijau kemudian klik OK

5. Lalu berikan akses izin kontrol dan selanjutnya akan muncul ikon pada pojok bawah.

6. Kamu bisa klik ikon tersebut untuk restart ponsel tanpa tombol power.

Magang : Zadun Naja

Advertisement


(brl/red)