7 Cara memperbaiki masalah audio iPhone dan Android yang tidak berfungsi

Advertisement

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami masalah tidak dapat mendengar suara apa pun dari ponsel cerdas baik iPhone maupun Android. Masalah seperti ini bisa saja disebabkan headphone yang tidak berfungsi, ponsel kamu menggunakan perangkat nirkabel untuk output audio, suara dimatikan dalam aplikasi tertentu, gangguan dari aplikasi lain yang diinstal, dan lainnya.

Nah jika kamu mengalami masalah seperti itu tidak perlu panik. Sebelum menyimpulkan terjadi kerusakan pada perangkat leras audio ponsel, sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Setelah itu kamu bisa memperbaikinya dengan solusi yang dapat kamu seperti di bawah ini.

1. Lakukan beberapa pemeriksaan pendahuluan

foto: freepik/pvproductions

Mulai proses pemecahan masalah dengan melakukan pemeriksaan dasar untuk memastikan masalah suara (audio). Kamu dapat mencoba memulai ulang iPhone atau ponsel Android, mematikan mode senyap atau jangan ganggu, dan membersihkan debu atau penghalang apa pun dari speaker. Selain itu, periksa apakah tangan atau penutup ponsel kamu tidak menghalangi speaker, yang dapat menyebabkan suara teredam.

Jika kamu menggunakan headphone, lepaskan dan bersihkan jack headphone 3,5 mm atau port USB-C. Menggunakan ponsel kamu dengan tingkat baterai yang sangat rendah terkadang dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga, jadi pertimbangkan untuk mengisi daya ponsel jika baterainya terlalu rendah. Jika masalah tetap ada setelah pemeriksaan dasar ini, kamu dapat mencoba solusi lain.

2. Putuskan sambungan perangkat audio nirkabel

foto: freepik/user15098835

Jika kamu menggunakan headphone atau speaker Bluetooth nirkabel dengan ponsel, pastikan headphone atau speaker tersebut saat ini tidak tersambung ke perangkat. Artinya ponsel cerdas kamu tidak menggunakannya sebagai perangkat keluaran audio. Untuk memeriksanya, kamu cukup menonaktifkan Bluetooth di ponsel Android atau iPhone. Cara ini akan menyebabkan semua perangkat yang terhubung terputus secara otomatis.

Jika menonaktifkan Bluetooth memperbaiki masalah, kamu harus memutuskan sambungan perangkat output audio yang dipasangkan. Di Android, geser ke bawah dari atas layar dan tekan lama ikon Bluetooth hingga menu yang menampilkan perangkat pasangan kamu muncul. Ketuk "Detail" untuk membuka pengaturan Bluetooth. Kemudian, ketuk ikon roda gigi di sebelah perangkat yang ingin kamu putuskan sambungannya. Pilih "Putuskan sambungan" dan konfirmasikan dengan mengetuk "Putuskan sambungan."

Jika kamu memiliki iPhone, geser ke bawah dan tekan lama ikon Bluetooth, lalu ketuk "Pengaturan Bluetooth."Setelah itu, ketuk simbol informasi (“i”). Pilih "Lupakan Perangkat Ini." Konfirmasikan dengan mengetuk "Lupakan Perangkat " di jendela konfirmasi pop-up.

3. Pastikan headphone kamu tidak rusak

foto: freepik/vecstock

Jika kamu menggunakan headphone berkabel, pastikan headphone tersebut tidak rusak. Untuk memeriksanya, cukup cabut kabelnya dari ponsel dan putar filenya lagi. Jika kamu mendengar suara dengan sempurna dari speaker ponsel, kemungkinan besar headphone kamu adalah penyebabnya. Untuk mengonfirmasi hal ini lebih lanjut, coba sambungkan headphone yang sama ke perangkat lain, jika rusak, maka headphone tersebut tidak akan menghasilkan suara.

4. Periksa apakah file audio atau video memiliki suara

foto: freepik/rawpixel.com

Pastikan file audio atau video yang kamu putar di ponsel memiliki suara dan tidak dibisukan. Periksa ikon speaker di dalam aplikasi yang memutar file. Jika ada garis miring di atasnya, suara akan dimatikan. Ketuk ikon speaker untuk membunyikannya dan menyesuaikan volume jika perlu. Jika suara tidak dibisukan, periksa apakah file audio atau video berisi suara.

Untuk mengonfirmasi hal ini, coba putar file audio atau video yang berbeda dalam aplikasi yang sama atau putar file bermasalah di perangkat lain yang kamu miliki. Jika audio diputar dengan baik saat menjalankan file lain dan file yang bermasalah juga tetap diam di perangkat lain, ini menunjukkan bahwa mungkin tidak ada masalah dengan ponsel kamu, melainkan dengan file itu sendiri.

Namun, jika audio file berjalan dengan baik di perangkat lain dan file audio lainnya juga tetap dibisukan di ponsel kamu, kemungkinan masalahnya ada pada ponsel. Jadi, terapkan perbaikan yang tersisa.

 

Advertisement


(brl/red)