6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi

Advertisement

Techno.id - Saat kamu merencanakan traveling, hal utama yang paling kamu pikirkan pasti soal destinasi, penginapan, transportasi, perbekalan (termasuk pakaian, makanan, dan uang). Namun di era digital seperti sekarang, ponsel juga menjadi salah satu prioritas yang tak boleh ketinggalan.

Nah saat traveling, ada satu hal yang sering diabaikan yakni menjaga daya tahan baterai. Biasanya saat traveling kamu akan mengambil foto atau video, bermain game, mendengarkan musik. Padahal, hal tersebut dapat menguras baterai.   

Karena itu untuk menghemat baterai ponsel saat bepergian, sebisa mungkin menghindari menggunakannya untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton video berkualitas tinggi, dan merekam video panjang beresolusi tinggi.

Berikut cara menghemat baterai saat traveling yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Ketahui rute

foto: freepik

Jika kamu traveling, hal terbaik yang dapat dilakukan sebelum pergi adalah mengetahui rute yang akan kamu lalui. Kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps sehingga bisa mendapatkan gambaran bagaimana rute perjalanan. Carilah tempat-tempat yang akan kamu singgahi dalam perjalanan sehingga dapat mengisi daya perangkat kamu.

Tapi kamu juga bisa membawa power bank yang bagus ke tempat terpencil yang tidak ada listriknya. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana bisa menghemat baterai dengan mengetahui rutenya. Jawabannya adalah tergantung pada lokasi yang kamu tuju. Jika kamu pergi ke kota manapun, mungkin tidak perlu khawatir. Jika perjalanan terlalu panjang, kamu dapat membawa power bank dengan kapasitas besar.

2. Gunakan lebih sedikit sumber daya

foto: freepik

Saat bepergian, kamu menggunakan lebih banyak sumber daya. Selain mendengarkan musik, kamu dapat meminimalkan penggunaan hal-hal yang menghabiskan banyak daya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pemborosan sumber daya baterai.

1. Matikan GPS saat kamu bepergian menggunakan kendaraan umum. Gunakan GPS saat kamu lupa rute dan ingin mengetahui jarak tujuan.

2. Matikan getaran ponsel. Sebab motor di dalam ponsel menggunakan lebih banyak energi daripada speaker, jadi hindari hal ini dan gunakan speaker.

3. Nonaktifkan Bluetooth. Sebab saat Bluetooth kamu aktif untuk dihubungkan dengan perangkat lain seperti headphone atau TWS, maka ponsel akan lebih banyak mengonsumsi daya. Sebaliknya, saat Bluetooth dimatikan maka dapat menghemat 1% hingga 5% baterai.

foto: freepik

4. Hindari volume tinggi. Semakin tinggi volume perangkat, semakin banyak daya yang disedot dari baterai. Jika tempat yang kamu tuju atau singgahi tidak terlalu ramai, sebaiknya kamu turunkan volume perangkat.

5. Kurangi kecerahan layer. Gunakan kecerahan otomatis saat bepergian sehingga ponsel kamu dapat menyesuaikan kecerahan secara otomatis.

 

Advertisement


(brl/red)