Sony siapkan A6700, kamera yang dapat merekam video hingga resolusi 4K

Advertisement

Techno.id - Sony tampaknya sedang bersiap untuk meluncurkan kamera seri Sony A6700 yang sudah lama ditunggu-tunggu para fotografer. Dari spesifikasi yang beredar menunjukkan bahwa perangkat ini akan menjadi salah satu kamera terbaik bagi para pemula.

Menurut Sony Alpha Rumors, Sony A6700 akan menggabungkan sensor APS-C 26MP seperti yang ada pada kamera video Sony FX30 dengan prosesor BIONZ XR dengan fitur fokus otomatis bertenaga AI yang ada pada Sony ZV-E1.

Meski FX30 dan ZV-E1 keduanya merupakan kamera yang berfokus pada video, namun jajaran kamera Alpha Sony secara tradisional lebih dirancang untuk fotografer. Di kalangan fotografer, seri A6000 merupakan perangkat yang lebih terjangkau bagi para penghobi.

foto: sonyalpharumors.com

Dengan konfigurasi antara sensor dan prosesor baru ini digadang-gadang suksesor A6600 ini akan menghasilkan performa yang terdengar menjanjikan. Bahkan Sony A6700 bakal memiliki kemampuan merekam gambar pada resolusi 4K pada 120 frame per second (fps). Sebagai perbandingan, Sony A6600 hanya dapat merekam video 4K pada 30 fps.

Kabar spesifikasi A6700 lainnya, menurut Sony Alpha Rumors adalah fitur tujuh stop stabilisasi gambar dalam bodi (yang berguna untuk pemotretan genggam) dan kemampuan merekam video gerakan lambat 4K/120fps meskipun dengan krop 1,19x.

foto: sony.com

Sementara dari sisi desain, tampaknya tidak akan mengalami perubahan radikal dari Sony A6600 yang dirilis tahun 2019. Namun tetap akan ada beberapa perubahan, termasuk pegangan (grip) yang didesain ulang dan lebih ergonomis serta roda gulir baru di bawah tombol rana di bagian depan, yang secara tradisional digunakan untuk mengontrol bukaan.

Kabar yang kurang baik, Sony Alpha Rumors menyebutkan bahwa A6700 akan lebih dalam 3mm dan lebih tinggi 4mm dari A6600. Kendati begitu, mengingat kamera Alpha Sony terkenal ringkas, hal ini masih akan membuat A6700 cukup kecil untuk sebuah kamera dengan lensa yang dapat diganti-ganti. A6600 saat ini, misalnya, memiliki tinggi kurang dari 70mm dan beratnya hanya lebih dari 500g dengan baterai.

foto: sony.com

Seperti kebanyakan kamera mirrorless mid-end atau high-end, In Body Image Stabilization (IBIS) tetap menjadi salah satu fitur yang akan ditanam pada kamera ini. Jadi jika kamu sedang mencari kamera ringkas untuk aktivitas mobile, Sony A6700 bisa menjadi pilihan. Kabarnya Sony A6700 akan diumumkan awal Juli sebelum rilis secara resmi pada Agustus mendatang.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

Advertisement


(brl/red)