Fujifilm luncurkan X-S20, kamera mirrorless yang mampu merekam video hingga resolusi 6.2K

Advertisement

Techno.id - Fujifilm memperkenalkan kamera mirrorless anyar X-S20. Kamera ini merupakan suksesor X-S10. Fujifilm X-S20 adalah sebuah kamera bersensor crop factor.

Dilansir lansir dari dpreview, Fujfilm X-S20 menggunakan sensor BSI-CMOS APS-C yang memiliki resolusi yang besar yakni 26MP. Sensor ini juga digunakan pada kamera generasi sebelumnya yaitu X-S10.

foto: fujifilm.com

Gambar yang ditangkap sensor ini kemudian diproses dengan prosesor X-Processor 5 yang diklaim 2 kali lebih cepat dari prosesor generasi sebelumnya. Sensor ini juga digunakan pada X-H2 dan X-T5.

Meski dibekali sensor yang sama dengan X-S10, namun performa X-S20 berbeda cukup signifikan. Sebab, X-S20 dirancang sebagai kamera multiguna yang optimal digunakan untuk mengambil foto ataupun perekaman video.

foto: fujifilm.com

Dilansir the verge, kamera ini dapat merekam video hingga resolusi 6.2K pada 30 frame per second. Resolusi ini meningkat dari maksimal resolusi 4K pada X-S10. Selain itu, X-S20 tetap dapat merekam dengan resolusi di bawahnya yaitu pada resolusi 4K dan Full-HD.

Fujifilm X-S20 juga dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu pengguna merekam video. Untuk menstabilkan perekaman video, kamera ini dilengkapi dengan 7-stop in body image stabilization. Kamera ini juga dilengkapi sistem autofocus canggih.

Dilansir dari laman resmi Fujifilm, X-S20 menggunakan sistem autofocus yang dibuat dengan menggunakan teknologi AI deep-learning. Sistem autofocus ini dapat mendeteksi berbagai macam subjek seperti burung, mobil, pesawat, dan lainnya. Selain itu, penggunaan deep-learning pada sistem autofocus ini diklaim Fujifilm mampu menghasilkan gambar yang selalu fokus ketika merekam video.

foto: fujifilm.com

Kamera ini juga memiliki fitur menarik vlog mode yang akan menyederhanakan kontrol layar sentuh pada kamera ini. Hal ini seperti mengatur fokus dan lain sebagainya. Menurut theverge, fitur ini sangat relevan bagi pengguna yang menggunakan kamera ini untuk merekam diri sendiri.

Untuk mendukung penggunaannya, Fujifilm X-S20 memiliki performa baterai yang lebih tinggi dari X-S10. Kamera ini dapat memotret 750 foto dalam satu kali pengisian daya. Sebagai perbandingan, X-S10 hanya mampu memotret 325 foto saja. Hal tersebut tentu merupakan peningkatan yang sangat signifikan.

Magang: Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

Advertisement


(brl/red)