Keren! iPhone 12 Mini miliki port Lightning dan USB-C, ini rahasianya

Advertisement

iPhone 12 Mini port Lightning USB-C

"Ini adalah video pembuatan iPhone TwinPort. Saya hanya membuatnya berdasarkan ide untuk menggunakan kabel Type-C saat dibutuhkan," tulis Hyphaistos3762 dalam deskripsi videonya yang diterjemahkan dari Bahasa Korea, seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (16/2).

Modifikator Hyphaistos3762 tersebut mulanya membongkar iPhone 12 Mini yang digunakan. Ia melepaskan speaker perangkat, dan membuat tempat dudukan untuk port USB-C.

foto: YouTube/ Hyphaistos3762

Kemudian ia menghubungkan koneksi USB-C baru ke internal iPhone 12 Mini, agar dapat tersambung dengan sistem pengisian daya baterai. Setelah itu, ponsel kembali dirakit ulang, dan memasang komponen tanpa speaker.

foto: YouTube/ Hyphaistos3762

Hyphaistos3762 mencoba menghubungkan iPhone 12 Mini tersebut ke Mac, untuk menampilkan bahwa port Lightning dan USB-C sama-sama berfungsi dengan baik. Melalui modifikasi tersebut, perangkat iPhone 12 Mini Hyphaistos3762 dapat dipakai untuk mendengarkan lagu via headphone wirelable sekaligus mengecas perangkat secara bersamaan.

foto: YouTube/ Hyphaistos3762

Hasil dari modifikasi dual port iPhone 12 Mini Hyphaistos3762 sangatlah membantu, mengingat cara tersebut sudah tidak bisa dilakukan kembali, setelah Apple memutuskan port headphone jack tidak diterapkan dalam iPhone 7 mulai Tahun 2016.

Tren membuat iPhone dengan dual port kini tengah naik daun. Sebelumnya terdapat iPhone X yang memiliki port USB-C buatan engineer Ken Pillonel. Ponsel iPhone tersebut menjadi viral, kemudian dilelang dengan harga mencapai USD 86.000.

Kabar mengenai iPhone dengan port USB-C bisa jadi bukan angan-angan para fanboynya lagi. Apple menyetujui kebijakan dari Uni Eropa yang mewajibkan gadget menggunakan port USB-C. Banyak yang mengabarkan bahwa iPhone 15 series bakal menjadi smartphone pertama dengan port USB-C. Selanjutnya teknologi konektivitas ini juga bakal diterapkan dalam iPad dan MacBook.

 

Advertisement


(brl/guf)