Begini sensasi memakai headset AR Apple Vision Pro, bikin serasa jadi Tony Stark

Advertisement

Sensasi mengenakan Apple Vision Pro.

Mudah digunakan dan seru.

foto: YouTube/ Apple

Dalam video perkenalan berdurasi 9 menit 22 detik tersebut, pengguna dapat memanfaatkan berbagai fitur di dalam Apple Vision Pro. Saat mengenakan kacamata ini, perangkat akan menyala dan siap untuk dipakai.

Nantinya headset Vision Pro dari Apple akan menampilkan menu utama, dan memakai latar belakang dari lingkungan sekitar secara real. Pengguna dapat membuka maupun mengakses sejumlah aplikasi hanya dengan menggunakan gerakan mata. Hal tersebut bisa dilakukan berkat adanya lima buah sensor optik dan 12 kamera yang diletakkan di berbagai sisi perangkat.

foto: YouTube/ Apple

Ketika aplikasi ingin dibuka telah terpilih, pengguna bisa melakukan gerakan ketuk dan pilih menggunakan dua jari dan memakai gerakan mencubit (pinch). Kemudian untuk menggeser layar ke atas dan bawah, pengguna cukup mengangkat tangan ke atas atau ke bawah sesuai kebutuhan.

Vision Pro juga mendukung perintah untuk browsing penggunanya. Nantinya Safari bisa diakses melalui suara (voice dictate) maupun gestur kepala. Ditambah pengguna juga bisa melihat berbagai koleksi foto serta memutar video yang ada di perangkat iOS tertaut.

foto: YouTube/ Apple

Apple Vision Pro memang menawarkan pengalaman berbeda dalam menggunakan headset AR. Hanya dengan gestur seolah menarik layar, pengguna bisa memperbesar maupun memperkecil layar yang menayangkan tontonan yang dipilih. Menariknya headset ini dibekali dengan teknologi Spatial Audio untuk memaksimalkan suara dari tontonan yang telah dilihat. Dengan kombinasi teknologi tersebut, Apple mengklaim bahwa pengguna seakan merasakan ditarik masuk ke dalam aksi film yang ditonton.

Menunjang aktivitas produktif.

foto: YouTube/ Apple

Tak hanya didesain untuk hiburan saja, Vision Pro juga dapat dipakai untuk bekerja dan melakukan aktivitas multitasking lainnya. Piranti bisa mengarungi internet, melakukan panggilan video di Facetime, membuat presentasi, serta membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan.

Pengguna dapat memindahkan foto dari fitur Photos ke Keynote dengan hanya menggunakan satu gestur tangan, baik itu pinch maupun menggesernya ke Keynote, sebuah aplikasi presentasi dari Apple.

foto: YouTube/ Apple

Menariknya pengguna bisa melakukan kegiatan multitasking melalui Vision Pro. Pasalnya piranti ini bisa dipakai video call seraya membuat presentasi. Apple Vision Pro bakal terintegrasi langsung dengan MacBook yang dipakai. Namun, Apple Vision Pro harus lebih dulu dihubungkan ke MacBook yang ingin digunakan.

Advertisement


(brl/guf)