11 Aplikasi audio equalizer di komputer, jernihkan suara saat didengar

Advertisement

Techno.id - Audio merupakan salah satu komponen penting yang secara umum bisa dinikmati dengan cara didengarkan. Pentingnya audio tentu ada di berbagai aspek seperti pembuatan lagu, video, dan masih banyak lagi. Audio penting untuk menunjang berbagai konten agar bisa dinikmati dengan mudah.

Kualitas setiap audio tentu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti alat perekaman yang digunakan, proses perekaman audio, hingga proses editing yang dilakukan. Saking pentingnya kualitas audio, bahkan ada beberapa aplikasi khusus yang digunakan untuk meningkatkan kualitas suara tersebut.

Aplikasi audio equalizer hadir untuk membuat kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih. Tidak hanya itu, aplikasi audio equalizer juga memiliki sederet pengaturan menarik yang bisa disesuaikan dengan selera telinga masing-masing.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (7/10), berikut 11 aplikasi audio equalizer di komputer.

1. Equalizer APO

foto: equalizerapo.com

Equalizer APO merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengedit hasil rekaman audio yang telah didapatkan. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hanya dengan menginstalnya melalui website resmi Equalizer APO.

Meski Equalizer APO merupakan aplikasi gratisan, fitur menarik seperti unlimited number of filters, multi-channel use, support for 3D surround sound, dan lain sebagainya bisa kamu gunakan untuk mengedit audio dengan mudah.

2. Bongiovi DPS

foto: bongiovidps.com

Bongiovi DPS juga bisa kamu gunakan untuk melakukan proses editing pada audio yang telah direkam. Bedanya Bongiovi DPS merupakan aplikasi berbayar yang baru bisa kamu nikmati setelah berlangganan dengan harga $4.99/month atau setara Rp 76.000.

Mengingat Bongiovi DPS merupakan aplikasi berbayar, tentu fitur yang disediakan bisa dibilang cukup lengkap. Kamu bisa menikmati fitur system-wide DPS audio processing, immersive headphone audio, access to the virtual sub-woofer for deep bass, dan masih banyak lagi.

3. Voicemeeter Banana

foto: vb-audio.com

Voicemeeter Banana merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur mikrofon yang dipakai ketika proses perekaman audio. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur berbagai setelan yang ada agar dapat menghasilkan suara yang sedap didengar.

Aplikasi ini juga cocok bagi kamu yang sering melakukan virtual meeting melalui aplikasi Zoom, Google Meet, Skype, dan lain sebagainya agar suara yang dihasilkan bisa diubah. Voicemeeter Banana bisa kamu download secara gratis hanya dengan mengunjungi website resmi aplikasi ini.

4. Equalizer for Chrome Browser

foto: chrome.google.com

Tidak seperti aplikasi lainnya, Equalizer for Chrome Browser merupakan fitur yang bisa kamu akses secara online. Equalizer for Chrome Browser bisa kamu gunakan untuk meningkatkan hasil audio pada perangkat ketika sedang mengoperasikan Google Chrome.

Equalizer for Chrome Browser sejatinya merupakan ekstensi yang bisa kamu dapatkan di Aplikasi Google Chrome secara gratis. Hanya dengan menambahkan ekstensi Equalizer for Chrome Browser, kamu sudah bisa meningkatkan hasil audio yang diputar.

5. Equalizer Pro

foto: equalizerpro.com

Aplikasi audio equalizer lain yang bisa kamu coba adalah Equalizer Pro. Aplikasi ini tidak hanya kompatibel pada perangkat Windows, namun juga MacOS seperti MacBook dan iMac. Aplikasi ini hadir dengan fitur menarik seperti bring more than 20 presets, system-wide bass boost feature, save own equalizer profiles, dan masih banyak lagi. Equalizer Pro bisa kamu gunakan dengan menikmati versi trial selama 7 hari.

6. FXSound

foto: fxsound.com

Jika ingin menjajal aplikasi lain, tidak ada salahnya untuk mendownload FXSound. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis hanya dengan menginstalnya melalui website resmi FXSound. Selain itu FXSound juga menyediakan versi premium yang membuat aplikasi ini memiliki fitur lebih banyak.

Versi gratis dari FXSound juga hadir dengan beragam fitur menarik seperti customizable sliders for fidelity, surround sound, dynamic boost, dan masih banyak lagi.

7. Boom3D

foto: globaldelight.com

Boom3D merupakan salah satu aplikasi audio equalizer yang bisa kau gunakan pada perangkat Windows dan MacOS. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis hanya dengan mendownload versi trial yang memiliki masa pakai 30 hari. Selain gratis, Boom3D juga memboyong fitur menarik 31 bands and dozens of presets yang membuat setiap pengguna bisa mendengarkan audio dengan kualitas yang lebih baik.

8. QRange

foto: kvraudio.com

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan pada komputer untuk meningkatkan kualitas audio adalah QRange. Aplikasi ini hadir dengan fitur menarik seperti global gain yang bisa digunakan untuk mengatur output suara sesuai selera. QRange sejatinya merupakan aplikasi yang bisa dibilang cukup rumit. Namun dibalik kerumitan yang ada, QRange merupakan aplikasi gratis yang perlu kamu coba.

9. ToneBooster EQ 4

foto: toneboosters.com

ToneBooster EQ 4 kurang lebih mirip-mirip dengan aplikasi sebelumnya. Penggunaan ToneBooster EQ 4 bisa dibilang cukup rumit bagi seorang pemula. Namun kerumitan ini membawa fitur menarik seperti Purity or character, Dynamic equalization, Spectrum analyzer, dan masih banyak lagi.

ToneBooster EQ 4 aslinya merupakan aplikasi berbayar, namun kamu bisa mencoba versi gratis dari aplikasi ini dengan memanfaatkan masa uji coba.

10. Fidelizer

foto: fidelizer-audio.com

Jika ingin menjajal aplikasi lain, tidak ada salahnya mendownload Fidelizer. Aplikasi audio equalizer satu ini memiliki kemudahan pemakaian berkat user interface yang tergolong simpel. Tidak hanya itu, Fidelizer juga kompatibel pada berbagai perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS. Untuk bisa menggunakan Fidelizer secara gratis, kamu bisa download aplikasi ini melalui website resminya.

11. FX Tool Box - Audio Changer

foto: apps.apple.com

Aplikasi terakhir pada artikel kali ini yang berguna sebagai audio equalizer adalah FX Tool Box. Aplikasi satu ini hadir dengan berbagai fitur menarik seperti effects and pitch control, 8-band equalizer, audio export, dan masih banyak lagi. FX Tool Box pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan pada perangkat Apple. Namun FX Tool Box juga tersedia untuk versi Windows yang bisa kamu download secara gratis.


Advertisement


(brl/guf)