CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 11 Februari 2016 07:00

Tepati janji, Microsoft sudah rekrut belasan pegawai autis

Kyle Schwaneke adalah pengidap autisme pertama yang lolos dari penjaringan itu. Kini, ia menjadi software engineer Xbox.

Tepati janji, Microsoft sudah rekrut belasan pegawai autis

Techno.id - April 2015 lalu, Microsoft sudah melempar wacana untuk memberikan pekerjaan pada para pengidap autisme. Mengutip dari blog resmi Microsoft (09/02/16), sejak pengumuman yang bertepatan dengan Hari Autisme Sedunia 2015 itu, kini Microsoft telah merekrut 11 karyawan baru yang mengidap autisme. Bahkan, mereka menyatakan akan terus mencari kandidat lain untuk mengisi pos-pos yang sudah disediakan.

Satu dari 11 orang terpilih itu adalah Kyle Schwaneke. Pria dengan Sindrom Asperger itu tercatat sebagai rekrutan pertama Microsoft yang lolos dari penjaringan ini. Tentunya, proses perekrutan yang ia jalani berbeda dengan yang lain.

Kyle tidak melewati tahap wawancara empat mata atau via telepon, tetapi melalui serangkaian proses yang terdiri dari workshop dan pemantauan skill selama empat minggu. Perekrutan seperti ini dinilai Microsoft tepat untuk menjaring talenta-talenta terbaik yang memiliki kendala dalam bersosialisasi. 

"Untuk pertama kalinya, saya merasa berada di tempat di mana saya memahami orang lain dan mereka juga memahami saya," terang Kyle yang kini menjabat sebagai software engineer Xbox.

Langkah Microsoft ini mendapat apresiasi dari sejumlah pihak. Salah satunya ialah National Autistic Society. Yayasan yang berbasis di Inggris itu bahkan mendorong perusahaan lain harus mengikuti langkah Microsoft ini atau malah berbuat yang lebih.

WHAT TO READ NEXT ?