Siap sambut era digital, BRI akan luncurkan satelit Juni mendatang

Siap sambut era digital, BRI akan luncurkan satelit Juni mendatang

Techno.id - BRI kabarnya sudah siap menyambut era perbankan berbasis digital. Salah satu buktinya adalah rencana peluncuran satelit BRISat yang diakui Asmawi Syam Direktur Utama BRI, akan dilakukan pada bulan Juni mendatang.

"Jadwal peluncurannya masih tetap bulan Juni tahun ini di Kourou, Guyana, Perancis dengan 56 transponder. Semua transponder akan kami pakai untuk kebutuhan sendiri, tapi ada beberapa yang nantinya untuk kebutuhan pemerintah," uajr Asmawi seperti dilansir oleh Merdeka (25/1/16).

Untuk mewujudkan proyek berbiaya USD 250 juta ini, BRI dikabarkan menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Space System Loral LLC (SSL). SSL kabarnya akan membantu membangun satelit sekaligus meluncurkannya ke slot orbit 150,5 derajat bujur timur.

Sekadar informasi, slot orbit tersebut awalnya digunakan oleh satelit Palapa C2 milik Indosat. Namun saat kepemimpinan Menkominfo Tifatul Sembiring, slot tersebut diamanahkan ke BRI dengan alasan BRI merupakan perusahaan milik negara yang wajib mendapat prioritas untuk mengelola sarana negara.

Lebih lanjut Asmawi menjelaskan jika satelit tersebut disiapkan untuk melayani seluruh kebutuhan BRi. Mulai dari melayani usaha mikro kecil menengah (UMKM), Laku Pandai alias branchless banking, hingga melayani para perusahaan startup yang membutuhkannya.

(brl/red)