Selain lucu, emoticon ternyata berguna untuk hindari kesalahpahaman

Selain lucu, emoticon ternyata berguna untuk hindari kesalahpahaman

Techno.id - Anda pasti tidak asing lagi dengan emoticon, pun cara penggunaannya. Namun, tahukah Anda kalau fitur itu juga berguna untuk memperlancar komunikasi via seluler?

Survei yang baru saja diselesaikan oleh sekelompok mahasiswa dari Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Yarsi Jakarta, menemukan bahwa berkomunikasi dengan menggunakan emoticon pada pesan singkat melalui telepon genggam ternyata lebih enak, efektif, positif, serta dapat menghindari kesalahpahaman.

"Berinteraksi dengan menggunakan emoticon akan lebih mudah karena kita bisa menulis pesan secara singkat ditambah simbol-simbol seperti sedang bahagia, serius, atau bercanda," terang Widya Fajriani, salah seorang peneliti, seperti dikutip dari Antara (29/07/15).

Mereka juga mengungkap fakta bahwa di kalangan pelajar, penggunaan emoticon sudah sangat wajar.

"Dalam dunia teknologi informasi, perkembangan komunikasi dengan menggunakan emoticon juga sudah digandrungi para pelajar yang pada umumnya berusia muda atau remaja," katanya.

Dalam survei ini, Widya yang dibantu dua rekannya menyebar kuesioner ke 50 siswa kelas X dan XI MAN 3 Jakarta secara acak. Dari segi usia, 100 persen responden berumur di bawah 18 tahun.

(brl/red)