Selain Jobs dan Wozniak, ada pria lain yang juga berjasa dirikan Apple

Selain Jobs dan Wozniak, ada pria lain yang juga berjasa dirikan Apple

Techno.id - Hari ini, Apple genap berusia 40 tahun. Selama kurun waktu yang cukup panjang tersebut, tak ayal begitu banyak cerita unik nan menarik yang mengiringi pertumbuhan perusahaan asal Cupertino itu, salah satunya soal pendiri perusahaan.

Selama ini, khalayak memang lebih mengenal nama Steve Jobs dan Steve Wozniak sebagai pendiri perusahaan berlambang Apple krowak tersebut. Namun, tahukah Anda sebenarnya ada satu pria lainnya yang juga berjasa mendirikan perusahaan itu?

Pria tersebut adalah Ronald G Wayne. Wayne memang tak se-populer kedua mantan rekanannya di Apple tersebut, karena beberapa saat setelah mendapat hak atas saham perusahaan ia malah menjualnya dan memutuskan untuk tak lagi berurusan dengan perusahaan penghasil gadget populer seperti iPhone dan iPod.

Selain Jobs dan Wozniak, ada pria lain yang juga berjasa dirikan Apple

Ronald G Wayne
2016 BBC

Dikutip dari petikan wawancara dengan BBC (1/4/16), pria berusia 81 tahun itu mengungkapkan bahwa saat sebelum Apple berdiri Jobs kerap ke rumahnya untuk meminta nasihat. Wayne mengaku pernah membantu Jobs membujuk Wozniak untuk bergabung dengan proyek bisnis yang kini diketahui bernilai triliunan rupiah itu.

"Kala itu Jobs datang ke saya dan meminta saya untuk membantunya membujuk Steve Wozniak bergabung dengan proyek bisnisnya. Lalu saya mengatakan 'Bawa saja ia (Wozniak) kemari dan biarkan kami berbicara'. Lalu terjadilah seperti apa Anda ketahui sekarang, mereka bekerja sama untuk proyek bisnis gila itu," ujar Wayne dalam kesempatan wawancara dengan BBC.

Pasca pembicaraan yang dilakukan, Wayne mengaku akhirnya Wozniak bersedia melakukan kerja sama dengan Jobs. Saat itu juga, mereka pun melakukan perjanjian kerja sama dan pembagian saham perusahaan di mana masing-masing duo Steve akan mendapatkan 45 persen, sedangkan Wayne dilaporkan hanya mendapat 10 persen.

(brl/red)